Suami Lebih Berhak Terhadap Istri

3 09 2012

Pertanyaan

Bismillah. Saya seorang suami yang ditinggal istri pulang ke rumah keluarga istri selama lebih dari sebulan. Saya tidak setuju, tetapi istri tetap tinggal disana. Adakah ayat/hadits yang menguatkan bahwa saya lebih berhak atas istri daripada mertua saya? Jika saya tidak menafkahi  istri selama tiga bulan dengan tujuan memberi pelajaran istri, apakah jatuh talak?

Dijawab oleh Al-Ustadz Muhammad as-Sarbini

  1. Istri Anda telah melakukan nusyuz (kedurhakaan) dengan hal itu, dia wajib bertobat dan kembali kerumah Anda untuk menunaikan kewajiban selaku istri.
  2. Terdapat hadits-hadits sahih yang menunjukkan bahwa hak suami atas istri lebih kuat daripada hak orang tuanya
  3. Boleh memberinya pelajaran dengan memutus nafkahnya selama ia masih berbuat nusyuz sampai ia bertobat.

Namun, talak tidak jatuh dengan sekedar memutus nafkah karena nusyuznya, selama tidak menjatuhkan talak kepada istri dengan ucapan atau tulisan.

(Majalah Asy-Syariah, Vol. VIII/No. 86/1433H/2012-Rubrik Tanya Jawab Ringkas)

Aksi

Information

2 tanggapan

9 12 2013
suryadi

assalamualaikum. aya mau tanya ni ustaz. saya dan istri baru saja mempunyai anak yang umurnya sekitar 3 bulan, istri saya melahirkan dirumah orangtuanya sebelum melahirkan istri saya tinggal dengan saya, pas melahirkan istri saya minta izin mau melahirkan dirumah orang tuanya, karna dia berkeras akhirnya saya mengizinkannya, dia bilang cuma 2 bulan disan, pas udah 2 bulan saya minta istri saya pulang tapi dia tidak memberi kepastian untuk pulang, pas saya kerja istri saya datang kerumah dan mengambil pakaiannya dan dibawanya kerumah orang tuanya dan pas saya tanya dan saya suruh dia pulang dia tidak mau, termasuk kepada golongan apa istri saya tadi, dan berdosakah mertua saya yang membiarkan istri saya tinggal bersama nya di sana, dan berdosakah saya yang tidak bisa mengawasi istri saya? mohon penjelasannya pak?

14 12 2013
nikahmudayuk

wa’alaikumussalam. sebelumnya saya minta maaf baru sempat jawab pertanyaan bapak. ada beberapa hal yang ingin saya sampaikan
1. coba bapak cari tahu alasan istri bapak kenapa tidak mau pulang.
2. coba bapk intropeksi diri kenapa istri bapak sikapnya seperti itu
3. nasehatkan istri bapak dengan cara yang baik, tentang bahwa seorang istri harus taat kepada suami.
4. apa yang dilakukan istri bapak termasuk bentuk dari ketidak taatn seorang istri kepada suami, ini merupakan perbuatan dosa.
5. usahakan jaga hubungan baik dengan mertua
6. seorang oaran tua seharusnya memberikan arahan dan bimbingan kepada putrinya yang sudah menikah untuk taat kepada suaminya dalam perkara yang ma’ruf
7. diantara tugas suami adalah menjaga istrinya dari hal-hal yang akan membahayakan dunia dan akhiratnya. dengan menasehatinya, memberikan pengarahan dan pengajaran agama.

Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 161 pengikut lainnya.