Saya Sebenarnya Sudah Sangat Ingin Menikah Tapi Masalahnya, Bagaimana Caranya Kita Mencari Informasi Akhwat yang Siap Menikah ?

12 09 2012

nikahPertanyaan

Assalamualaikum ustadz,
afwan mau nanya, ana sebenarnya sudah sangat ingin menikah, terutama dikarenakan banyak fitnah, bahkan terkadang sampai tahap berbahaya gara2 wanita zaman sekarang yang sangat kurang ajar (kita sudah berusaha menjauhi fitnahnya mereka tapi mereka tanpa punya rasa takut pada Allah ta’ala malah seperti mendekati).
tapi masalahnya ustadz, bagaimana caranya kita mencari informasi akhwat yang siap menikah, sementara ana tidak tahu harus tanya dengan siapa, karena ana jarang ziarah ke ikhwah sehingga tidak punya hubungan dekat dengan ikhwan manapun dikarenakan kesibukan ana.
atas nasihatnya jazakallahu khairan katsiran.

Jawabannya

wa’alaikumussalam warahmatullahi wabrakatuh, mungkin ada beberapa saran yang ingin ana sampaikan.

1. Menikah adalah sebuah kebutuhan, jika tidak tertunaikan kebutuhan ini akan berdampak jelak buat seseorang.

2. Hukum menikah pada diri seseorang berbeda-beda ada yang wajib, sunnah atau mubah (boleh). Yang hukumnya wajib ketika seseorang mampu menikah dan kalau tidak segera menikah ia khawatir terjatuh dalam perbuatan maksiat. Ketika pada diri seseorang menikah hukumnya wajib maka segera menikahlah. Tempuh jalan-jalan untuk seseorang bisa menikah dengan akhwat yang ia sukai. Apalagi seseorang tahu bagaimana dahsyatnya fitnah syahwat pada zaman sekarang ini yang seseorang tidak merasa aman darinya. Oleh karena itu sudah seharusnyalah saudara memproritaskan untuk segera mencari ahwat shalihah yang siap untuk dinikahi. Yaitu dengan memproritaskan untuk meluangkan waktu, tenaga, uang atau yang lainnya untuk menempuh jalan-jalan seseorang bisa segera menikah..

3. Diantara jalan yang mungkin bisa ditempuh adalah coba antm cari ikhwan yang sudah menikah  dan yang antm kenal  orangnya baik dan bilang kalau antm minta bantuan untuk dicarikan akhwat yang sudah siap menikah. atau cari seorang ikhwan yang punya saudara akhwat antm bisa menanyakan langsung kepada kakaknya apakah saudara perempuanya sudah siap nikah atau belum, yang sebelumnya antm sudah punya informasi terlebih dahulu akan baik tidaknya akhawat tersebut, atau coba antm cari ustadz yang kenal sama antm, sehingga tidak ragu untuk membantu antm karena kenal siapa antm, bagaimana antm dll dan minta bantuan ustadz tersebut sambil menjaga adab.

Karena menikah ada sebuah kebutuhan yang penting maka sudah seyogyanya antum meluangkan waktu untuk menempuh jalan-jalan untuk mendapatkan istri, diantara dengan cara diatas.

4. Jangan lupa untuk banyak berdoa kepada Allah, semoga Allah mudahkan urusan antm. Mungkin  itu saran dari ana semoga bermanfaat.

(dijawab oleh Abdullah Al-Jakarty)

About these ads

Aksi

Information

18 responses

12 09 2012
13 09 2012
zuhry

Jzakallah khoyr tadz faidah ilmunya…baarokallahufyk, kapan ana bisa ketemu antm?

13 09 2012
zuhry

tulisan2nya akhir2 ini sangat2 bermanfaat buat ana tadz, meski seperti tamparan, tapi an berusaha bisa mengambil faidah…baarokallahufyk

13 09 2012
nikahmudayuk

insya Allah Allah mudahkan

12 09 2012
iik sholihat

:)

13 09 2012
Cara Syar’i untuk Mencari Informasi Akhwat Shalihah yang Siap Menikah « Beranda Hanifatunnisaa

[...] Sumber: Saya Sebenarnya Sudah Sangat Ingin Menikah Tapi Masalahnya, Bagaimana Caranya Kita Mencari Informasi… [...]

13 09 2012
zuhry

Mau tanya tentang problematika rumah tangga ditulis dimana tadz? afwan no. ana rusak, otomatis no. antum juga hilang, ana juda belum sempet ziaroh ke Bojong , tapi ad niat sama keluarga siih, cuma blm tahu waktu yg pas kapan, InsyaAllah kalau antum bisa ke cengkareng mungkin nanti an minta waktu sedikit supaya memberikan pencerahan2 ke kami tadz, Jzakallah khoyr perhatiannya..

13 09 2012
nikahmudayuk

wa anta jazakumullahu khair

21 09 2012
fulanah

bismillaah.
assalaamu’alaykum warahmatulloh wabarakatuh…
ust saya ingin brtanya…
saya seorang mahasiswi semester 5 yang berusia 19 tahun, alhamdulillah saya sudah mengenal dakwah salaf semenjak awal kuliah.

saya ingin menikah, namun orangtua saya, masih saja berpikir jika seusia saya masih terlalu dini untuk menikah. serta orangtua menginginkan agar saya menyelesaikan kuliah saya dahulu, bahkan bekerja dulu, baru kemudian menikah.

saya berusaha bicara pelan-pelan dengan orangtua tntang masalah ini, namun apabila pembicaraan telah sampai pada perkara ‘manhaj’ maka pembicaraan akan terhenti karena orangtua saya sampai saat ini masih belum setuju jika saya ikut ta’lim dengan ihwah salafy.
di sisi lain, orangtua merasa cemas terhadap saya, cemas terhadap pandangan oranglain kepada saya,karena anaknya dandanannya “aneh”, bagaimana masa depan saya… apalagi jika menikah, dengan laki2 yang menurut mereka sama-sama “aneh” dandanannya.
maka jika sudah memikirkan ini, ibu saya akan menangis dan kemudian sakit. sehingga pembicaraan terkait izin menikah sampai saat ini belum pernah sampai pada intinya, yakni agar saya diizinkan untuk menikah… alhamdulilllah ‘ala kulli haal.

bagaimana cara saya menghadapi kedua orangtua saya dengan bijak dalam kondisi seperti ini? sdangkan saya ingin segera menikah agar saya dapat terhindar dari fitnah dan menjaga kehormatan diri saya, apalagi saya seorang mahasiswi di kampus yang bercampur baur laki-laki dan perempuan…

jazaakallohu khair wa barakallohu fiik…

30 10 2012
8 11 2012
wahyu

assalaamu’alaykum..

ustad.. ana sorang pemuda belum lama mengenal sunah, dan pertanyaannya mungkin hampir sama dengan yg lain yaitu ingin menyegerakan menikah tetapi ana belum memiliki calon.

ana sudah berusaha beberapa kali dikenalkan oleh soudara dikampung, tetapi masih belum menemui hasil (mungkin penampilan ana yg skr berjanggut dan tidak isbal jd terkesan aneh bagi orang di kampung saya yg memang belum mengenal sunah, ctt: ana tidak tinggal dikampung hanya beberapa bln sekali plg)

ana semakin gelisah sementara usia sudah mendekati kepala tiga, dan ana sudah masuk pada golongan yang wajib menikah (sudah mampu secara materi krn memiliki pekerjaan tetap yg insyaallah halal dan takut mendekati/terjerumus kepada zina) tetapi ana belum bs menikah.
ust gmn sulusi yg terbaik untuk dapat segera menemukan jodoh disela kesibukan pekerjaan?

terima kasih, jazaakallahu khair

14 11 2012
11 11 2012
abu abdillah

Masya Allah itu pertanyaan ana jadi headline yah…..ustadz

zaman sekarang sepertinya perkara syariat yang paling susah adalah dilakukan menikah ya……
masih mending berjihad perang, bertemu musuh dapat pahala.
tapi kalau bertemu musuh yang satu ini tidak bisa dihadapi padahal kata nabi shallallahu ‘alaihi wasallam termasuk mahluk yang lemah.
bener kata syaikh bin baaz rohimahulloh, di zaman penuh fitnah ini sungguh luar biasa orang yang bisa selamat dari dosa besar.
kalau wanita mah enak ya bisa berlindung di rumah, kita yang cowok ini kalau mau dapat ma’isyah tiap hari harus nahan nafas ini, banyak istighfar ………..
Wallahul musta’an……

12 11 2012
Ibnu Fulan

Bismillah
Semoga Ustadz dengan dakwahnya dapat membantu kaum muslimin yg ingin segera menikah. Ana ingin menikah………

12 11 2012
nikahmudayuk

semoga Allah mudahkan

11 01 2013
Ingin menikah tapi adakah yang mau? :’( « Komunitas Moslem Purworejo
28 01 2013
Ikhwan

semoga Allah mudahkan, banyak doa mas.

16 04 2014

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 180 pengikut lainnya.