Aku dan Keinginan Menikah Diusia Muda

19 05 2010

Oleh : Abu Ibrahim ‘Abdullah Bn Mudakir Al Jakarty

Menikah diusia muda siapa takut, kataku dengan bangga. Walaupun tidak sedikit orang yang beranggapan ngapain masih mudah menikah, masih umur 17 tahun mau menikah, bahkan tidak jarang memandang “aneh” dan penuh tanda tanya kepada orang yang mau menikah di usia muda.

Innalilahi wainna ilahi rajiuun, wah gawat  pola pikir masyarakat kita telah berubah, justru seharusnya kita yang merasa aneh dan bertanya ngapain menunda menikah karena alasan studi walaupun dengan resiko terjatuh kedalam maksiat,  atau mendekati umur 30 tahun belum menikah tanpa alasan syar’i walaupun dengan konsekuensi terlumuri dosa …???!!! ..naudzubillah..ngeri banget..

Aku merasa bangga dan seakan-akan aku ingin mengatakan kepada dunia  “….Aku Ingin Menikah di usia Muda….” Supaya dunia tahu tidak ada yang salah atau aneh menikah diusia muda bahkan hal itulah yang bagus dan patut dibanggakan, daripada selesai kuliah dengan meraih gelar sarjana ditambah gelar MBA (married by accident) atau lebih memilih tetap dalam keadaan jomblo dengan konsekuensi berlumuran maksiat… ngga dehh.

Suatu hal yang wajar dan merupakan fitrah manusiawi ketika aku menyukai lawan jenis dan mempunyai syahwat atau kebutuhan biologis yang harus kutunaikan dengan cara yang benar dan halal yaitu dengan menikah kenapa mesti diherankan. Allah Subhaanahu Wata’ala berfirman:

زُيِّنَ لِلنَّاسِ حُبُّ الشَّهَوَاتِ مِنَ النِّسَاءِ

“ Dijadikan indah pada (pandangan) manusia kecintaan kepada apa-apa yang diingini  yaitu wanita …” (Qs. Ali Imran : 14 )

Maka sesuatu yang sangat wajar ketika aku ingin menyalurkan kebutuhan biologisku dengan memilih jalan yang aman lagi halal, bahkan hal itu ciri seorang laki-laki yang memiliki agama (baca -berpegang teguh) dan punya tanggung jawab, daripada menempuh jalan haram dengan berzina atau berseks ria dengan pacar atau jalan yang tidak halal lainnya, disamping rasa khawatirku terjatuh kedalam maksiat sebagaimana banyak orang yang terjatuh akibat menunda menikah menjadi alasan terbesar ku untuk menikah.

Rasullullah Shallahu ‘Alaihi Wassalam bersabda :  Wahai para pemuda barangsiapa diantara kalian yang mampu menikah  maka menikahlah dikarenakan  dengan menikah dapat lebih menundukkan pandangan  dan menjaga kemaluan  dan barangsiapa tidak mampu menikah maka baginya untuk berpuasa  hal itu sebagai tameng baginya. ( HR. Bukahri dari Ibnu Mas’ud Radiyallahu ‘Anhu )


Berkata Al Allamah Asy Syaikh Muhammad Bin Shaleh Al-Utsaimin Rahimahullah : ” Diantara keutamaan menikah adalah dengan menikah dapat menjaga kemaluan dirinya dan istrinya dan menjaga pandangannya dan pandangan istrinya, kemudian setelah keutamaan itu lalu dalam rangka memenuhi kebutuhan syahwatnya” (Syarhul Mumti’ Syaikh Muhammad Bin Shaleh Al-Utsaimin Jilid 12 hal : 10 )


Berkata Al Allamah Asy Syaikh Shaleh Al Fauzan Hafidzahullah : “ Wahai manusia bertaqwalah kalian kepada Allah dan ketahuilah bahwa menikah terkandung didalamya kebaikkan yang sangat banyak, diantaranya kesucian suami istri dan terjaganya mereka dari terjatuh kedalam perbuatan maksiat, Rasullullah Shallahu ‘Alaihi Wassalam bersabda :  ” Wahai para pemuda barangsiapa diantara kalian yang mampu menikah  maka menikahlah dikarenakan  dengan menikah dapat lebih menundukkan pandangan  dan menjaga kemaluan .“ Al Hadist ( Khutbatul Mimbariyah Fil Munaasibaatil ‘Asriyah, Syaikh Shaleh Al Fauzan : 242 )


Udah deh… cepetan  menikah yuk, bukankah kita sama – sama tahu realita tersebarnya kemaksiatan perzinaan, pornografi, onani, sampai pada kemaksiatan banyaknya para wanita yang memamerkan auratnya dinegeri ini siapa yang merasa aman dari terjatuh kedalam maksiat yang dahsyat ini, sedangkan Allah Ta’ala berfirman:

وَالَّذِينَ لا يَدْعُونَ مَعَ اللهِ إِلَهًا آخَرَ وَلا يَقْتُلُونَ النَّفْسَ الَّتِي حَرَّمَ اللهُ إِلَّا بِالْحَقِّ وَلا يَزْنُونَ وَمَنْ يَفْعَلْ ذَلِكَ يَلْقَ أَثَامًا

” Dan orang-orang yang tidak menyembah sesembahan yang lain berserta  Allah dan tidak membunuh jiwa yang diharamkan Allah (membunuhnya) kecuali dengan (alasan) yang benar, dan tidak berzina, barangsiapa yang melakukan demikian itu, niscaya dia mendapat (pembalasan) dosa (nya)…….. “ ( Qs. Al Furqan 67 – 68 )

Berkata Syaikh Sa’di Rahimahullah : ” Dan nash firman Allah Ta’ala tentang ketiga dosa ini merupakan dosa besar  yang paling besar, perbuatan syirik didalamnya terdapat merusak agama, membunuh didalamnya terdapat merusak badan dan zina didalamnya terdapat merusak kehormatan” ( Silahkan lihat Taisirul Karimir Rahman )

dan Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda : “Hati-hatilah kalian terhadap (fitnah) dunia dan berhati-hatilah kalian terhadap (fitnah) wanita“ (HR. Muslim dari Abu Said Al Khudry Radiyalahu ‘Anhu).


Apalagi disamping itu ada juga tujuan lain kenapa aku ingin segera menikah yaitu dalam rangka melaksanakan ketaatan kepada Allah dan menggapai ketenangan dalam hidup. Allah Subhaanu Wata’ala berfirman:

فَانكِحُوا مَا طَابَ لَكُمْ مِنَ النِّسَاءِ

“ Maka nikahilah wanita-wanita yang lain yang kamu senangi “ ( Qs. An Nisa’ : 3 )


وَمِنْ آيَاتِهِ أَنْ خَلَقَ لَكُمْ مِنْ أَنفُسِكُمْ أَزْوَاجًا لِتَسْكُنُوا إِلَيْهَا وَجَعَلَ بَيْنَكُمْ مَوَدَّةً وَرَحْمَةً إِنَّ فِي ذَلِكَ لَآيَاتٍ لِقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ

“Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir”. (Qs. Ar-Ruum : 21).

Berkata Asy Syaikh Al Allamah Abdurrahman As Sa’di Rahimahullah : Pada ayat “لِتَسْكُنُوا إِلَيْهَا وَجَعَلَ بَيْنَكُمْ مَوَدَّةً وَرَحْمَة  ) ً merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih dan saying )” apa-apa yang telah tetap manfaatnya seseorang menikah, merupakan sebab yang membawa kepada cinta dan kasih sayang, didapatkan dengan mempunyai istri dapat bersenang-senang dengan istri dan merasakan kenikmatan hubungan suami istri, dan mendapat manfaat mempunyai anak dan mendidik mereka serta merasa tenang dengannya” ( Taisiirul Karimir Rahman pada ayat ini )


Selain itu juga aku ingin segera membina rumah tangga yang sakinah mawadah warahmah dan mempunyai keturunan yang shaleh yang akan bermanfaat untuk kedua orang tuanya menjadi tujuan tersendiri bagiku,  simak deh hadist – hadist berikut ini sebagai pelajaran untuk kita.


Dalam sebuah hadist Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda : “ Menikahlah karena sungguh aku akan membanggakan banyaknya jumlah kalian kepada ummat – ummat lainnya pada hari kiamat dan janganlah kalian menyerupai para pendeta nasrani (yang tidak menikah –penj) “ (HR. Al Baihaqi dari Abu Ummah Radiyallahu ‘Anhu dishahihkan oleh Syaikh Al Albani)


Adapun tentang hadist keutamaan anak shaleh, Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda : “Jika mati seorang manusia, maka putuslah amalnya kecuali 3 perkara :

  1. Shadaqah Jariyah
  2. Ilmu yang bermanfaat
  3. Anak sholeh yang mendoakan kedua orang tuanya”.

(HR. Muslim)

Ini dia diantara alasan aku ingin menikah diusia muda walaupun aku tahu banyak tantangan yang harus kuhadapi, namanya juga mau melaksanakan ketaatan dengan menikah untuk menjaga diri dari maksiat, jelas syaithan ngga bakalan ridha’, mulai deh syaithan ngasih was-was (keraguan) untuk segera menikah, mulai dibisikkin “ …ntar loe kasih makan apa tuh bini loe… “, ditambah lagi .”..wah rugi brurr masih muda mau nikah… mumpung masih muda buat senang-senang aja lagi, apalagi banyak cewek yang naksir sama loe tuh “ hembusan syetan lagi, belum lagi kita harus berusaha memahamkan dengan baik orang-orang yang tidak sependapat dengan kita, baik itu keluarga kita misalnya atau yang lainnya. Tapi kalau untuk menunda segera menikah tanpa alasan syar’i kaga’ deh, terlalu beresiko. Coba deh kita tengok berapa banyak kita dengar kasus perzinaan yang dilakukan oleh sebagian anak muda atau MBA (married by accident –baca menikah karena zina) banyak kan…, atau kemaksiatan lainnya karena menunda nikah. Wah…ngga deh kalau harus menjomblo diusia muda tanpa alasan syar’i, apalagi orang yang tahu kalau dirinya tidak bisa selamat dari perbuatan maksiat onani atau zina dan yang lainnya kecuali dengan menikah, wajib tuh hukumnya untuk menikah. Makanya rahasia disebutkan dalam sebuah hadist anjuran untuk menikah kepada anak muda, karena emang pada usia muda puncak-puncaknya syahwat. Coba deh perhatikan hadist ini:

Rasullullah Shallahu ‘Alaihi Wassalam bersabda :  Wahai para pemuda barangsiapa diantara kalian yang mampu menikah  maka menikahlah dikarenakan  dengan menikah dapat lebih menundukkan pandangan  dan menjaga kemaluan  dan barangsiapa tidak mampu menikah maka baginya untuk berpuasa  hal itu sebagai tameng baginya “ ( HR. Bukahri dari Ibnu Mas’ud Radiyallahu ‘Anhu )

 

Berkata Al Allamah Asy Syaikh Shaleh Al Fauzan Hafidzahullah : ” Didalam hadist ini  terdapat anjuran dari Nabi Shallahu ‘Alaihi Wassalam untuk para pemuda, khususnya para pemuda kaum muslimin,  dikarenakan syahwat para pemuda lebih kuat  dan kebutuhan  untuk menikah disisi mereka  lebih banyak, karena inilah dianjurkan bagi mereka untuk menikah “ ( Tashiilul Ilmaam Bifiqhil Ahaadist Min Bulugil Maram, Jilid 4 Kitab Nikah, hal 304 )


Oh iya…, untuk membuat kita tambah semangat untuk segera menikah ane bawaain hadist deh untuk menjadi penyemangat buat ane sendiri dan kita semua untuk segera menikah. Rasulullah shalallahu alaihi wasalam bersabda. : “ Ada tiga golongan manusia yang berhak mendapat pertolongan Allah :

  1. Mujahid yang berjihad dijalan Allah
  2. Budak yang menebus dirinya supaya merdeka
  3. Dan orang yang menikah karena ingin memelihara kehormatannya “. (HR. Imam Tirmidzi dari Abu Hurairah Radiyallahu ‘Anhu, dan Imam Tirmidzi berkata hadist ini hasan )

Dan sebuah ayat yang menunjukkan keluasan karunia Allah. Allah Ta’ala berfirman

وَأَنكِحُوا الأَيَامَى مِنْكُمْ وَالصَّالِحِينَ مِنْ عِبَادِكُمْ وَإِمَائِكُمْ إِنْ يَكُونُوا فُقَرَاءَ يُغْنِهِمُ اللهُ مِنْ فَضْلِهِ وَاللهُ وَاسِعٌ عَلِيمٌ

“ Dan kawinilah orang-orang yang sendirian diantara kamu, dan orang-orang yang layak (untuk kawin) dari hamba sahayamu laki-laki dan perempuan. Jika mereka miskin Allah akan memampukan mereka dengan karunia-Nya. Dan Allah Maha Luas (pemberian-Nya) lagi Maha Mengetahui “ (Qs. An Nisa’ : 32 )

Berkata Asy Syaikh Al Allamah Abdurrahman As Sa’di Rahimahullah : ( Pada ayat  إِنْ يَكُونُوا فُقَرَاءَ يُغْنِهِمُ اللهُ مِنْ فَضْلِهِ وَاللهُ وَاسِعٌ عَلِيمٌ Jika mereka miskin Allah akan memampukan mereka dengan karunia Nya ) Tidak menghalangi mereka apa yang mereka khwatirkan dari bahwasannya jika mereka menikah akan menjadi miskin dengan  disebabkan banyaknya tanggunan dan yang semisalnya. Didalam ayat ini terdapat anjuran untuk menikah dan janji Allah bagi orang yang menikah dengan diberikan kekayaan setelah sebelumnya miskin “ (Taisiirul Karimir Rahman pada ayat ini )

Sudah deh…, buruan yuk kita menikah mumpung masih muda…, sudah tahukan manfaat menikah, dengan sebab menikah terjaga dari perbuatan maksiat dapat menyalurkan kebutuhan biologis dengan cara aman dan halal dan manfaat – manfaat lainya…, burun deh nikah…

Iklan

Aksi

Information

78 responses

25 05 2010
nikahmuda

Ustadz, ana izin copas tulisannya di blog ana.
Jazakallahu khairan.

31 05 2010
nikahmudayuk

tafadhol, semoga bermanfaat. wa anta jazakallallahu khoir

16 08 2012
26 05 2010
Bam's sutikno

saya setuju dg semua isi diatas,insyaallah sebulan lg saya ingin menikah mohon doanya.amin

31 05 2010
nikahmudayuk

Al Hamdulillah, semoga Allah memudahkan urusan anda.

16 06 2010
rachman

alahamdulillah!!!!! smoga aja kita tetep trus di beri rahmat oleh Nya. Amin. . . .

16 06 2010
nikahmudayuk

Jazakallahu khoir atas kunjungannya

22 08 2010
atho'

Alhamdulillah tulisan ini telah menghilangkan keraguan yang selama ini ada dalam hati….Syukron Katsir

25 08 2010
nikahmudayuk

Alhamdulillah, waiyyak

8 09 2010
a3m-nix

alhamdulillah, tulisan ini membuat saya bertambah semangat, saya sudah niat ingin segera menikah, semoga bisa secepatnya, mohon do’a nya…

9 09 2010
nikahmudayuk

semoga Allah memudahkan urusan anda

16 09 2010
sekaralit

Alhamdulillah..kami menikah saat usia kami sama-sama 24 thn.
Tidak terlalu muda memang, tetapi ada ketentraman yang kami rasakan ketika memutuskan segera menikah.
Artikelnya bagus.
Nambah saran boleh tidak ya?
coba diberi contoh para sahabat, tabiin atau salafus sholih yang menikah pada usia muda disertai prosesnya. Semoga dengan fakta yang patut ditiru bisa menambah semangat para ikhwan dan akhawat yang berniat segera menikah.
jazakallahukhoironkatsir,

16 09 2010
nikahmudayuk

alhamdulillah, semoga Allah mudahkan ana merealisasikan saran antum. Jazakallahu khoir atas sarannya

17 09 2010
krikilotak

Asalamualaikum wr.wb.

Saya sebenernya sudah pengeng menikah,tp g da yg di ajak nikah?bgaimana solusinya?

Wasalam

17 09 2010
nikahmudayuk

Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh, semoga Allah memudahkan urusan anda. Yang pertama persiapkan ilmu kearah sana, kedua : jangan lupa banyak doa karena yang mengatur jodoh hidup dan mati kita hanya Allah semata, ketiga : cari orang yang ada percaya dari segi agama dan amanahnya untuk mencarikan anda wanita sholehah, keempat : coba anda intopeksi diri kenapa anda belum menikah sampai saat ini, mungkin selama ini anda belum ada usaha serius kearah sana, atau anda terlalu tinggi kriterianya, atau ingin mapan dulu dll. kelima : shabar. semoga Allah memberikan anda pasangan hidup yang sholeh

18 09 2010
krikilotak

Asalamualaikum wr.wb
memang saya akui standart saya tinggi,ya seperti yg dianjurkan nabi kita Muhammad SAW.sayakan jg pengen punya istri seperti yg beliau sarankan.mohon dibalas.

Wasalam

18 09 2010
nikahmudayuk

wa’alaikumusslam warah matullahi wabrakatuh, maaf penulisan (SAW dan salamnya jangan disingkat). Nabi mengajarkan kita untuk memilih agamanya ketika kita mau memilih pasangan hidup kita, dan sebutkan dalam sebuah hadist seorang memilih calon pasangan hidupnya karena beberapa hal, karena cantiknya, keturunannya dll, maka mas saya sarankan pilih yang shalihah ini yang jadi patokkannya, kalau mas mau yang cantik, kaya dll, maka mas mungkin bisa mengalah dengan kriteria lainnya, jika sudah ada pilihan seorang wanita dengan dua kriteria sholehah dan cantik misalnya sama orang yang hendak mas lamar kenapa tidak maju, atau pilihan seorang wanita sholehah walaupun wajah biasa saja tidak cantik dan tidak jelek dan mas juga cenderung disamping dia orang kaya kenapa tidak terus maju dengan mengalah dengan sebagian kriteria mas. dan jangan lupa sholat istiqarah.wallahu ‘alam

19 09 2010
krikilotak

Asalamualaikum wr.wb.
Mohon maaf soal penulisan.

Trimakasih atas masukannya yang menambah sudut pandang saya dalam mencari pasangan hidup.

Wasalam

19 09 2010
nikahmudayuk

wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh. semoga bermanfaat, senang bisa berbagi dengan mas. Semoga Allah mudahkan urusan anda.

21 09 2010
asep

assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,

ustad, bagi referensi nya donk kalo mo cari wanita sholehah yg siap nikah muda, usia ane 22, selama ini ane blum pernah pacaran dari dulu berusaha menjaga diri bwt calon istri ane nanti..

gmana ya ustad?

21 09 2010
nikahmudayuk

wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh. maksudnya referensi apa? ciri2 akhwat sholeh?, klo itu insya Allah akan ada tulisannya. semoga Allah mudahkan urusan antum. atau ntar ana kirimin secara singkat semoga Alalh mudahkan

22 09 2010
ukhti nisaa

Assalamu’alaikum…
Artikel yg bagus. Sbnrx ana jg pengen nikah muda & alhamdulillah ada ummahat yg ngajuin 3 ikhwan. Tp mslhx ortu tdk m’restui utk m’nikah krn alsan ana dsuruh lanjtn sklh ana

23 09 2010
nikahmudayuk

wa’alaikumusallam warahmatullahi wabarakatuh, semoga Alah memudahkan urusan saudari. Banyak doa kpd Allah dan melakukan pendekatan yang baik kepada ortu semoga menjadi solusi yang baik

12 10 2010
dita khadita

q^_^p

3 11 2010
ezha

assalamu’alaikum warohmatulllahi wabarokatuh
ustadz, saya berusia 18 tahun dan saya ingin segera menikah
saya ingin minta saran dari ustadz, mana yang harus saya dahulukan antara membahagiakan keluarga (karna saya berasal dari keluarga yang kurang mampu) dan menikah (karena saya takut tak kuat menahan godaan syaithan untuk berbuat maksiat) ?? mohon sarannya

4 11 2010
nikahmudayuk

wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh
saudaraku yang semoga Allah menjaga kita semua, ada beberapa hal yang ingin ana katakan disni.
1. klo yang antm maksud membahagiakan orang tua antum maka wajib bagi kita untuk berbakti kepada kedua orang tua, dan dikatakan anak itu berbakti kepada kedua orang tua dan membahagiakannya ketika dia taat kepada Allah dan Rasul Nya kemudian berbuat baik kepada ortu, di samping itu kita diperintahkan untuk berbuat baik kepada keluarga dan kerabat.
2. Perlu antm ketahui bahwa hukum menikah itu ditinjau sesuai dengan pelakunya, ada yang hukumnya, wajib, sunnah dll. Pada kondisi antm maka hukumnya wajib, ketika antm mampu menikah dan khwatir akan terjatuh kedalam maksiat kalau tidak menikah maka hukumnya wajib bagi antm menikah.
3. Tidak ada pertentangan antara menikah dan membehagiakan keluarga. Bahkan jika kondisinya seperti antum maka menikah bentuk berbakti kepada ortu atau membahagiakan mereka daripada antm berbuat maksiat.
4. maaf ana sebenarnya butuh keterangan rinci dari pertanyaan antum, apakah antum menjadi tulang punggung keluarga antum?

SOLUSINYA ADALAH :
Coba bicarakan dari hati kehati kepada ortu antum tentang keinginan antm mau menikah, latar belakang antm mau menikah. Dan yakinkan kepada mereka bahwa antum akan tetap berbakti kepada keduanya dan berbut baik kepada keluarga. Jangan lupa banyak doa.
Nasehat ana, cari istri yang sholehah, karena dgn sebab menikah dengan istri sholehah akan memudahkan antum merealisasikan apa yang antum inginkan mengabungkan dua kebaikkan dengan menikah dan membahagiakan keluarga. Semoga Allah memudahkan urusan kita semua. Amin

4 11 2010
ezha

saya anak pertama dari enam bersaudara
saya memang membantu kehidupan keluarga walaupun tidak sepenuhnya menjadi tulang punggung keluarga (karena masih ada ayah saya yang penghasilannya tidak menentu)

3 11 2010
asmanaya

ana berkeinginan segera menikah…

insyallah calon ana sudah siap. tapi setelah kami bicarakan kepada orang tua kami..orang tua kami bilang..tunggu saja sampai lulus kuliah,padahal ana dan calon ku..walo ijab aja da apa2,tapi oranng tua kami malah berpikir yang aneh2… katannya takut kata orang berfikir apa… padahal nikah muda bukannya baik..

mohon sarannya…agar di segrakan jazakallah..

4 11 2010
nikahmudayuk

saudara penanya yang semoga Allah memudahkan urusan kita semua.
Yang harus anda lakukan adalah melakukan pendekatan yang baik kepada orang tua dengan cara menerangkan keinginan anda untuk menikah dan manfaat menyegerakan menikah ketika anda emang sudah punya calon dan sudah siap untuk menikah. Jelaskan juga contoh2 atau akibat menunda menikah karena alasan yang tidak di benarkan oleh syariat islam seperti ingin menyelesaikan kuliah dulu. Yakinkan kpd orang tua anda bahwa apa yang anda pilih untuk menyegerakan menikah itulah yang baik dan pilihan menyegerakan menikah itupun demi kebaikkan kedua orang tua juga.
Jangan lupa banyak doa. Semoga Allah memudahkan urusan kita semua. amin

11 11 2010
ina

Afwan… Ana ingin COPAZ ke blog ana…..

Jazakallahu khairan.

12 11 2010
nikahmudayuk

tafadhol semoga bermanfaat. wa anti jazakilahi khoir

6 12 2010
hamzah

bagus sekali tulisannya
cumn mau berbagi….
ana dl jg anak kuliahan, dan kuliah ana jg agak lama… dikota sekarang sudah sangat ngeri ttg pergaulan laki2 dan perempuan… zina dianggap hal yang wajib…. hampir2 ana jg terjatuh kedalamnya….
ujian jg datang dari ortu yang melihat anaknya kok gak punya pacar…. namun ana melihat ini sisi yang baik ….

ana jaga keinginnan ana untuk menjaga kehormatan diri ana…. selalu jaga niat itu… konsisten padanya dan selalu berdo’a pada Allah … ana puasa, ana sering ikut taklim….
setiap orang tua tanya ttg pacar…ana selalu bilang ana inginnya menikah… awalnya ortu memang ga setuju….. tapi selalu ana bilang… yah bu, tapi sekali ana dapat calon ibu harus menikahkan saya…. alhamdulillah pada selanjutnya ana diberi kemudahan oleh Allah… jodoh yang tidk disangka2… kemudahan proses…kemudahan dari kedua ortu (walopun calon istri ane dl masih harus nerusin pendidikanya 2 tahun)… belum pernah sekalipun ketemu sama calon mertua ane…tp sekali ane kerumahnya ane langsung bilang mau menikahi putrinya….. sempat ana dibilangin sama bapak kost ana, ane orangnya gak umum…penjajakan diri dl atau gmana….(dalam hati ana, gak…ntar bakalan pacaran lagi…. kalo Allah memang menakdirkan PASTI DIMUDAHKAN, lagi pula dr informasi temen ana yang udah menikah, perantara ta’aruf ana, bilang kalo dia sholehah, dan orangnya cantik… maka sudah sangat cukup… harta dan nasab tidak bisa menggantikan keutamaan kedua kriteria tersebut)… bismillah
ana dateng kerumahnya pun, keluarga yang biasa, bapaknya juga gak berjenggot atau apalah tanda islami, artinya biasa banget orang normalan gt…. (ana ragu wah, kalo gak mudeng agama bakalan susah niy kayaknya mau nikahi anaknya)
ana basa basi..perkenalan diri, (waktu itu ana baru mau lulus), ana langsung bilang “saya pengen melanjutkan perkenalan ini dengan yang lebih serius, yang dengan ijin bapak saya ingin membangun keluarga dengan anak bapak,saya takut kalo terlalu lama dalam perkenalan saya nanti kami terjatuh pada kesalahan yang dilarang oleh Allah (pake bahasa jawa halus waktu itu hehe))…. alhamdulillah dibolehkan…. dijawab ” saya suka dengan orang yang punya prinsip, dan bertanggung jawab, saya yakin kalian akan menuai prinsip baik kalian ini” sebuah jawaban yang biasa aja, tapi yang pentimg berhasil alhamdulillah…. setelah itupun berbagai kemudahan Allah berikan…mulai dr lancarnya proses menuju pernikahan dan sebagainya…termasuk sebelum lulus pun ana sudah dapet tawaran pekrjaan yang lumayan bisa buat “membawa pergi anak orang” hehe….

ana seorang laki2, pemuda….
ana tahu betul pada masa umur 20 an apa yang bergejolak di dada kita, di pikiran kita…..
bagamana susahnya menjaga apa yang diantara dua paha kita….
setiap tengokan kita aurat2 bebas terpancang yang membuat hancur hati kita….
sampai2 hanya bsa menangis sejadi2nya, iya susah sekali karna itu adalah kebutuhan jiwa dan raga…. itu adalah keinginan…panggilan jiwa…. saya pernah rasakan betapa kuatnya jari2 kita, bibir ini, kulit kita, dada kita akan keinginan itu….. sampai2 puasa un hampir gak bisa membendung rasa ini….

ahsanta ya akhi…
janji Allah sangat pasti….
yang diperlukan hanya membenarkan dan melakukan yang benar sesuai aturanNya…yakinlah selebihnya Allah udah atur….
jagalah semurni mungki….
kuatkan niatmu bahwa menikah untuk menjaga kehormatanmu….
nilailah dirimu…jangan mendahului… jangan mencari kalo belum siap…
jangan menunda kalo sudah wajib….jangan coba2….
jangan mengikuti syubhat “pacaran islami” ..berapa orang yang jatuh pada syubhat ini dan menurunkan niat sucinya….
jangan merasa sudah benar dengan niat menikah ada…tp pacaran juga jalan…menundanya….
berapa banyak ana lihat…aktivis pendengung antipacaran… ya mmg benar mereka tidak pacaran, tdk boncengan, tdk secara fisik bertemu…. tapi telpon, sms, pacaran jarak jauh….. jangan sampe Allah menurunkan istdiraj (bernikmat2 lama dalam kesalahan kita) pada kita
akhi, alhamdulillah ana bukan orang yang punya wajah tampan…. tapi ana menolak beberapa ajakan perempuan…. setiap mereka menolak nikah muda atau ortunya bilang biar sekolah selesai dulu…langsug ana tinggalkan….(mungkin ini yang membuat frustasi ortu ana, sehingga beliapun menikahkan, tanpa berlama2 hehe)

intinya kuatkan niat kita, Allah maha melihat dan maha mengabulkan, orang2 juga melihat…. jangan pernah ragu…
barokallahu fiikum

20 08 2011
Zain Safri Almandariy

ilmu yg sangat bermanfaat… Ijin share akh…

30 08 2011
nikahmudayuk

tafadhol

10 09 2011
lukman

ana ijin copas ya akhi??
barakallohufiik

15 09 2011
nikahmudayuk

silahkan, Fikum barakallah

21 09 2011
Indahnya Menikah | maktabahalkarawanjy

[…] : https://nikahmudayuk.wordpress.com/2010/05/19/aku-dan-keinginan-menikah-diusia-muda/ Share this:TwitterFacebookLike this:SukaBe the first to like this post. This entry was posted in […]

11 10 2011
Rosy Dyn

mnikah adalah sunah rosul, maka krjakanlah kra Alloh taa alaah

13 10 2011
nikahmudayuk

semoga Allah mudahkan

17 11 2011
Ruhiyat

assalaamu’alaikum warahmatullahi wabarakaatuh, alhamdulillah syukron akhy atas tulisannya. dan alhamdulillah sekarang ana sdg ta’aruf, saat ini kami berusaha untuk mengenalkan keluarga masing2. minta do’anya semoga apa yg kami usahakan mendapat kemudahan dan ridho dari dari Allah s.w.t . dan Allah memberikan yg terbaik bg kami. amiin

17 11 2011
nikahmudayuk

wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh. semoga Allah mudahkan urusannya.

11 01 2012
Abu Said Al-Karawanjy

bismillah, ustadz izin copas untuk di masukin blog ana
http://www.al-karawanjy.blogspot.com

11 01 2012
nikahmudayuk

tafdhol, semoga bermanfaat

16 03 2012
DioF

Asslamualaikum Wr Wb.

Saya pria 20 tahun. Walaupun baru 20 tahun saya sudah lulus D3 dan sekarang sudah bekerja di salah satu kementrian. Akan tetapi saya memang hanya seorang yang kurang secara ekonomi. Dengan keluarga broken home. Saya anak pertama dan saya masih mempunyai 2 orang adik yang harus saya tanggung.

Saya punya pacar umur 21 tahun. Sudah bekerja juga sebagai PNS. Agama nya baik, sopan santun, lemah lembut, dan saya lihat sudah dewasa, dan dapat mengurus suami. Berkebalikan dengan saya, pacar saya adalah dari orang yang cukup berada. Dapat dikatakan bibit, bebet, bobot nya sudah baik. Alhamdulillahnya dia sangat menghargai saya yang hanya seperti ini. Dia dan keluarga nya mau menerima apa adanya.

Saya semenjak 2 tahun lalu memutuskan untuk menikah muda.

Kendalanya adalah ketika dari pacar saya dan keluarganya menginginkan pula saya untuk segera menikahinya. Karena orang tuanya sangat khawatir dengan anaknya. Pacar saya termasuk bisa dikatakan anak rumahan, jadi supaya orang tuanya tenang kalau dia sudah punya suami.

Saya pernah sekedar menyinggung masalah menikah ke Mama saya (semenjak bercerai dengan Papa, saya tinggal dengan Mama, dan Papa tidak penah memberi nafkah kami). Ternyata respon beliau kurang setuju. Beliau takut kalau saya “lupa” dengan keluarga. Dan lagi masih mempunyai 2 tanggungan adik. Mama saya termasuk orang yang keras, maklum keturunan Sumatera. Beliau kepingin saya menikah nanti kalau adik sudah lulus kuliah. Mama saya bilang “Pokoknya jangan dulu ngomongin nikah selama 3 tahun ini.”

Saya pun mempersilahkan kepada pacar saya untuk mencari pengganti saya yang lain apabila saya memang harus menunggu 3 tahun.

Saya terancam tidak dapat melanjutkan hubungan ini ke jenjang pernikahan karena pacar saya juga tidak sanggup kalau menunggu 3 tahun. Apalagi saya mendengar kabar kalau adik saya tidak jadi mengambil kuliah D3 jadinya S1 yang sama saja dengan menunggu 4,5 tahun.

Saya berpikir dimana lagi saya bisa memdapatkan wanita seperti dia yang benar2 baik secara agama dan lainnya yang dapat menerima saya apa adanya.

– Mungkin ustad punya saran buat saya bagaimana meluluhkan hati Mama saya?

Jujur saya juga tidak mau pacaran terus. Toh kami sudah punya penghasilan. Saya kepengen sekali mungkin dalam 1-2 tahun ke depan kami sudah menikah.

– Adakah cara yang bisa saya terapkan mungkin pernah ada kasus seperti saya yang berhasil membuat yakin orang tuanya?

– Bagaimana jika Mama saya tetap tidak setuju (merestui) kami untuk menikah? Apakah saya berdosa kalau menikah tanpa persetujuan Mama? karena menyinggung “alasan yang tidak sesuai syar’i”?

Mohon dibalas ya Pak Ustad. Terima kasih

Wassalamualaikum Wr Wb

16 03 2012
nikahmudayuk

wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh. saya sangat terharu dengan keadaan saudara, dan yang saudara alami banyak juga dialami oleh banyk akhwat walaupun tidak sepersis dengan yang anda alami tapi sama-sama orang tua kuran setuju atau bahkan ada yang sampai menghalangi anaknya untuk segera menikah dan qadarullah salah satu kasus yang ana tahu malah terjatuh kepada perkara maksiat yang tidak ringan. Allahu musta’an. nasehat saya kepada saudara, semoga Allah memberi hidayah kepada ibu saudra dan memberikan saudara keshabaran.
1. Saudara harus bertaubat kepada Allah dari pacaran dan tidak melakukannya lagi karena hal tersebut perkara yang melanggar syar’i
2. Banyak berdoa kepada Allah, karena segara perkara ada di tangan Allah.
3. coba bicara dari hati kehati sama orang tua anda alasan anda ingin menikah sekarang, latar belakarnya tujuan dan manfaatnya serta kekhawatiran saudara jika tidak segera menikah. persiapak ilmu seblum bicara kepada ortu.
4. Yakinkan sama ibu anda bahwa agama islam mengajarkan untuk berbakti kepada ortua bahkan sampai ortua telah meninggalpun islam tetap menyuruh berbakti kepada orang tua diantarnya dengan mendoakannya. yakinkan ortu anda bahwa anda tetap membantu oran tua anda walaupun anda telah menikah.
5. coba cari dari kerabat atau saudara ibu yang disegani ibu untuk bilang tentang keingnan anda untuk segera menikah dan latarbelakang anda melakukan hal itu dan mudharatnya jika tidak segera menikah.
6. tetap berbakti kepada orantua.

11 06 2012
suhery

sukron akhi ana ,izin copy

8 07 2012
indro

Alhamdulillah dapat dorongan lagi untuk aku segera menikah walaupun aku masih kuliah saat ini,

5 09 2012
riko_hermanto

bagus jga gan…. ana jd semangat nikah …dari pada zina di mata allah lbh baik ana kawin saja ,,walaupun ortu g ngizinin….hkhkhkkk

5 09 2012
nikahmudayuk

insya Allah ortu kita ngijini, mungkin kekurangan kita saja yang kurang menyampaikan dengan baik dan menjelaskan latarbelakang kita menikah, manfaat dan keutamaan kita untuk segera menikah dan berusaha menipis kekekhwatiran orang tua tentang anaknya kalau menikah di usia muda atau segera menikah. bicara dari hati kehati kepada ortu dengan diiringi berdoa kepada Allah insya Allah solusi terbaik. pada dasarnya yang diingini ortu kita adalah kebaikkan, tinggal kita menyakini bahwa menikah muda atau menyegerakan untk menikah dengan mempersiapakn segalanya dengan baik adlah kebaikkan.

2 10 2012
agusibnusyofiardy

Alhamdulillah…artikelnya sangat bermanfaat..
terutama bagi ane yang sangat ingin nikah muda.

18 10 2012
fulanah

Bismillaah
‘afwan, mana yang sebaiknya dipilih seorang akhwat yang masih cukup muda antara masuk ke ma’had ataukah menikah? akhwat itu sebenarnya memiliki semangat untuk thollabul ‘ilmi namun dia sangat takut terkena fitnah yang semakin besar. Jikalau ada tawaran ikhwan yang (insya alloh) mampu membimbing akhwat tsb dalam thollabul ‘ilmi apa yang sebaiknya akhwat tsb pilih? thollabul ‘ilmi di ma’had ataukah menikah? dilain sisi akhwat tsb masih terlalu muda (menurut lingkungan) untuk menikah lebih-lebih akhwat itu beranggapan bahwa ‘ilmu yang ia dalami baru sedikit.
Jazaakallaahu khoyron katsiiron.

24 10 2012
nikahmudayuk

insya Allah tidak ada pertentangan antara menikah dengan laki2 shalih dan menuntut ilmu. laki2 yang shalih akan membantu saudari untuk menuntut ilmu. pertanyaan seperti saudari sudah ana jawab secara lebih panjang, silahkan jika saudari mengingkannya bisa dilihat diblog ini.

https://nikahmudayuk.wordpress.com/2012/06/27/ingin-segera-menikah-khawatir-terjatuh-dalam-maksiat-tapi-bingung-mana-yang-harus-didahulukan-menuntut-ilmu-atau-menikah/

https://nikahmudayuk.wordpress.com/2012/02/03/bingung-mana-yang-harus-didahulukan-menuntut-ilmu-atau-menikah/#more-634

3 11 2012
'aisyah

alhamdulillah,
ALLOH mengirimkan pasangan saat ana berusia 20 thn,dan saat ini kami telah memiliki 2 orang anak.
buat yang belum menikah,SEMANGATTT!!!cari ilmu yang banyak,insyALLOH suatu saat di waktu yg tepat ALLOH pasti memberikan jodoh:)
gak ada ruginya kok menuntut ilmu,ya gak?!

11 11 2012
DIn

ana dah lama ingin tapi setiap ana nazar akhwat, bgitu banyak kendalax baik dari orang tua ana sendiri dan keluarga yang banyak menjdi penghambat. mereka ingin menikahkan ana dengan orang yang satu kampung dengan ana, tapi ana liat wanitanya belum ada yang ngaji sesuai dengan pehaman ana, walaupun ana baru ngaji tapi ana sangat berharap untuk mendapatkan akhwat yang sepaham dengan ana. rasanya lelah sekali ana mencari pasangan dah 1 tahun lebih, sampai rasanya ingin futur lagi dalam menuntut ilmu agama. tujuan untuk menikah cepat tapi tidak pernah terkabulkan…

27 12 2012
D'why

Sangat2 bermanfaat…
Sukron katsiiron akhi….
:)

17 02 2013
putra

ustad, ana ijin save ,,Jazakallahu khairan.

18 02 2013
nikahmudayuk

silahkan semoga bermanfaat

28 03 2013
*Sitah

Afwan.. Bgaimana jika saya ingin menikah namun orang tua melarang karena mereka tdak suka pda ikhwan trsebut?

29 03 2013
nikahmudayuk

dilhat alasannya apa, kalau alasannya syar’i maka itulah kewajiban orang tua, kalau tidak syar’i maka adakan pendekatan dari hati kehati sama orang tua.

1 04 2013
Nia

Bismillah..
ana mau menanyakan sebenarnya yang dikatakan tidak boleh menolak (jika telah ada ajakan untuk menikah) tanpa alasan syar`i itu yang seperti apa?

3 04 2013
nikahmudayuk

jika ada seorang yang baik agama dan akhlaknya dan dia menyukainya, namun ditolak karena alasan mau terusin kuliah, bukan pns,dan alasan tidak syr’i lainnya

1 05 2013
jepossible

pengen sih nikah muda
tapi belum ada calonnya :(

10 06 2013
Budi Darmawan

Assalamualaikum..
Oia,,setelah baca artikel diatas membuat tekad saya semakin bulat utk nikah muda.Tp sebelumnya ku mau tanya pak ustad.
Ku kan punya saudara kakak cewek yg usianya katakan udah 27 tahun.Tp belum mau nikah dikarenakan masih trauma dg peristiwa yg dulu.Sedangkan saya sebagai seorang adik laki laki yg usianya 26 tahun ingin sekali menikah.Tapi orang tua tidak mengijinkan dikarenakan alasan adat istiadat yaitu”Apabila seorang saudara laki laki yg mendahului saudara perempuannya.Maka saudara perempuannya akan lama bertemu dg jodohnya”.
Dengan seperti ini saya mau tanya pak ustad :
1. Apakah salah jika saya meminta kepada orang tua utk dinikahkan terlebih dahulu sebelum kakak perempuan saya menikah?
2. Adakah surat ato hadist yg menerangkan semua tentang untuk segera menikah tanpa harus mengikuti adat istiadat?karena saya ingin sekali membuka mata hati kedua orang tua saya pak ustad.
3. Gimana caranya menjelaskan kepada orang tua yg masih memegang teguh pd adat istiadat?

13 06 2013
nikahmudayuk

wa’alaikumussalam.
anda tidak salah untuk menikah terlebih dahulu mendahului kakak anda, adapun adat yang anda sebutkan itulah yang menyelisihi syar’i. bicara dari hati kehati tentang niat anda untuk segera menikah. jika anda mau anda bisa membaca artikel saya untuk menambah wawasan “aku dan realita dari wanita yang dihalangi menikah ” di blog ini wallahu a’lam bish shawwab

10 06 2013
Budi Darmawan

Assalamualaikum..
Oia,,maaf sebelumnya pak ustad.Kpn hari saya tanya,,kok sampai skrg blm ada jwbn ya?

13 06 2013
nikahmudayuk

wa’alaikumussalam, maaf baru sempat jawab dikarenakan banyaknya urusan saya.

20 06 2013
achmad baihaqi

terimakasih atas semuanya,setelah membaca ini saya jadi lebih semangat untuk menikah.awalnya saya ragu tapi alhamdulillah sekarang saya jadi lebih yakin…
Insyallah sblm lebaran saya udah punya istri…amiin
Sekalian ngundang yg punya blognya deh…

20 06 2013
nikahmudayuk

alhamdulillah

29 06 2013
dzar11

jazakallohu khoiron…
nyari yg sholehah dulu sampai dpt atau mencari yg ada aja dulu baru dididk habis nikah…?

13 08 2013
Ainur

Assalamualaykum..
alhamdulillah artikel yang sangat bagus, menyemangati saudara2 kita untuk segera merampungkan separuh agamanya, menjalankan sunnah rasulnya
afwan, namun sedikit koreksi dari ana di artikel antum menyebutkan bahwa ayat, “ Dan kawinilah orang-orang yang sendirian diantara kamu, dan orang-orang yang layak (untuk kawin) dari hamba sahayamu laki-laki dan perempuan. Jika mereka miskin Allah akan memampukan mereka dengan karunia-Nya. Dan Allah Maha Luas (pemberian-Nya) lagi Maha Mengetahui “ adalah Qs. An Nisa’ : 32.
ana kira ada khilaf dari pengutipan antum tersebut, bukankah seharusnya ayat diatas adalah QS. An-Nur : 32?
jazakallah yaa akhi fillah
wassalamualaykum..

18 08 2013
Atang Nurkholqi Hadiyal Anam

Subahanallah, artikel yang sangat bagus, terutama bagi saya yang ingin segera menikah di usia muda. Mohon do’anya agar saya segera menemukan jodoh dan dimudahkan urusannya. Oya, ustaz saya mau tanya, apakah ada batasan minimum usia pria maupun wanita untuk menikah? Mohon jawabannya, terimakasih.

21 08 2013
nur

semangat…mohon do’anya semoga cepat mnikah…

5 09 2013
sukron hafid

adakh ukhti di sini yg brsedia//…

23 09 2013
abdurohman al purwokerto

Masya Alloh….sangat bermanfaat artikelnya
ana semakin bersemangat untuk mempersiapkan mengarah ke sana

23 09 2013
Robby Cahyadi

Assalamualaikum.
Luar biasa ilmu dan kasih sayang Allah,,
mohon ijin ambil beberapa materi dalam blog ini sebagai referensi buku pra nikah yang saya tulis..

5 01 2014
Andri Al-sundawi

assalaamu’alaikum ustadz ane izin copas share dakwah ke temen temen ane

13 02 2015
Priyo Jatmiko

trmaksh info nya. Sangat brmanfaat.

8 11 2015
riska

Subhanallah, menikah muda adalah harapan saya, semoga Allah permudah niat saya. Aamiin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s