Mau Nikah Tapi Ragu Tentang Keobjektifan Informasi Calonnya?

27 01 2012

Pertanyaan
assalaamu’alaikum
mohon pandangan ustadz,
saya akan menikah dengan seorang lelaki yang sudah saya siasat dan teliti agama dan manhajnya. dan alhamdulillah, ciri-ciri di atas tidak ada pada lelaki tersebut.
namun saya sedikit khawatir , kalau mereka yang saya sudah tanyakan ttg calon suami saya ini tidak memberikan maklumat yang benar. maksud saya, mereka hanya kabarkan pada saya tentang kebaikan yang ada pada lelaki tersebut namun saya tidak mendapatkan kabar yang buruk tentang lelaki tersebut.
justru saya sedikit ragu untuk lanjutkan dengan pernikahan, karena saya takut kecewa apabila mendapati selepas pernikahan, ciri-ciri yang baik yang telah dikabarkan kepada saya ternyata tidak ada pada lelaki tersebut. namun, saya sudah berusaha semaksimal mungkin untuk menyelidiki latar belakang lelaki tersebut akan tetapi perkara tersebut bukan sesuatu yang mudah karena faktor jarak yang jauh antara saya dan pihak lelaki.
apakah saya perlu redha dengan setiap kekurangan dan kelemahan suami saya nanti selepas pernikahan? apakah kehidupan berumah tangga itu cukup sulit jika pasangan kita tidak baik?
jazaakumullahu khairan

Jawabannya
Dijawab oleh Abu Ibrahim Abdullah Bin Mudakir

wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh, ada beberapahal yang ingin kami sampaikan tentang apa yang saudari tanyakan.

Yang pertama : Saudari jangan lupa untuk memperbanyak berdoa kepada Allah agar diberi yangterbaik
Kedua : Cari tahu lebih lanjut tentang keadaan agama, manhaj, akhlaknya dan fisik seseorang yang akan saudari nikahi
Ketiga : Coba saudari menilai sejauh mana keobjektifan pemberi informasi saudari, saudari bisa membaca artikel dengan judul “Sebelum Anda Melangkah” untuk menambah wawasan saudari tentang maslah ini. https://nikahmudayuk.wordpress.com/2011/05/05/sebelum-anda-melangkah/#more-360)
Keempat : Jika saudari menduga dengan dugaan yang besar (bukan hanya was-was) bahwa sumber informasi saudari kurang objekif, saudari bisa tanya kepada yang lain yang mengetahui keadaan calon saudari
Kelima : Kriteria yang diinginkan seseorang pada calonnya berbeda-beda dan bisa diklasifikasikan menjadi dua kriteria, 1. Kriteria yang jika tidak ada pada diri seseorang yang ia akan nikahi maka ia tidak akan bahagia jika menikah dengan orang tersebut, maka jangan memaksakan diri untk menikah dengan orang seperti ini, karena hal ini akan membuat seseorang sengsara di kehidupan rumah tangganya. 2. kriteria pendukung, yaitu jika tidak ada kriteria ini diapun bisa bahagia jika menikah dengannya, jika ada maka lebih membuat kehidupannya secara sebab bisa lebih bahagia. Maka dari sini (dari kalisifikasi ini) saudari bisa menjawab pertanyaan terakhir saudari  sendiri wallahu a’lam bisshawwab

Iklan

Aksi

Information

2 responses

5 11 2016
anasaroni89@yahoo.com

assalamualaikum.. maaf pak ustad saya ingin.bertanya.. sebenarnya saya.akan nikah tinggal 3 minggu lagi.. awalnya saya.bahagia karena saya menikah dengan pasangan yang saya cinta dia.begitu menyayangi dan mencintaiku ..dia sering membelikan aku barang2 berharga.. tp entah mengapa baru2 ini saya sering.melihat dia marah padaku hanya karena masalah sepele.. kmi sering berantem .. dia ingin setelah kami menikah menuntut supaya saya lebih menghargai dan merawat orang tuanya.dan dia lebih sering membandingkan dengan wanita lain diluar sana yang peduli akan mertua dan keluarganya.. dia ingin saya dilihat sebagai istri yang baik dimata dia dan orangtuanya.. itu yang menyebabkan saya.menjadi beban apakan saya bisa istri yang diinginkan sperti yang diharapkannya..jika dia sudah menasehati saya.dan saya mengabaikannya ntah apa yang akan terjadi nantinya.. itulah yang dia katakan padaku.. dengan begitu banyak permintaan yang dia inginkan terkadang saya sendiri menilai egois padaku .. mohon pak ustad kasih tau saya bagaimana saya bersikap.. karena saya tidak ingin salah langkah mengambil tindakan.. mohon bantuannya pak ustad

22 11 2016
nikahmudayuk

Maaf saya bru buka blog ini lgi setelah sekian lama, saya blum sempat jawab seingat saya ada artikel terkait degn ini di blog ini

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s