Kok Bisa Banjir…?

12 04 2012

Teman-teman yang Azka cintai, di musim hujan ini, apakah teman-teman tahu apa yang sering terjadi?

Teman-teman pasti sudah biasa mendengar berita banjir di sekitar kita. Di Jakarta, Semarang, dan kota-kota lainnya yang sering dilanda banjir.

Apakah teman-teman tahu mengapa banjir bisa terjadi?

Allah subhaanahu wa ta’ala telah berfirman

ظَهَرَ الْفَسَادُ فِي الْبَرِّ وَالْبَحْرِ بِمَا كَسَبَتْ أَيْدِي النَّاسِ لِيُذِيقَهُمْ بَعْضَ الَّذِي عَمِلُوا لَعَلَّهُمْ يَرْجِعُونَ

“Telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia, supaya Allah merasakan kepada mereka sebagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar).” (Qs. Ar-Ruum : 41)

Sungguh benar ayat ini. Tahukah teman-teman penyebab terjadinya banjir?

Kebanyakan kerusakan alam terjadi disebabkan oleh ulah tangan manusia begitu pula banjir, manusia juga termasuk penyebab besar terjadinya banjir.

Hutan-hutan merupakan tempat menampung air hujan. Akar-akarnya mampu menghambat air. Namun, banyak hutan telah rusak akibat keserakahan manusia. Mereka menebang pepohonan dan tidak mau menanam kembali hutan yang telah ditebangi. Karena mereka menebang pepohonan, maka dengan izin  Allah subhaanahu wa ta’ala, air yang turun dari langit tidak dapat diserap dan ditampung oleh tanah. Air hujan pun akan terus mengalir ke tempat yang lebih rendah. Banjir pun terjadi di daratan yang lebih rendah.

Selain penggundulan hutan, apakah teman-teman mengetahui penyebab yang lain?

Banjir juga bisa terjadi karena pendangkalan sungai. Hal ini terjadi karena banyak dari manusia yang membuang sampah sembarangan. Tak jarang dari mereka yang membuang sampah di sungai.

Tahukah kalian apa yang terjadi apabila air di sungai sangat banyak tapi tempat untuk mengalirnya sempit? Air sungai akan meluap dan membanjiri daerah sekitarnya. Makanya teman-teman jangan buang sampah sembarangan ya.

Teman-teman, sampah yang dibuang tidak pada  tempatnya akan menyumbat parit-parit yang ada di sekeliling kita. Apabila parit-parit tersebut tersumbat, maka air tidak dapat mengalir sebagaimana seharusnya, sehingga akan meluap dan membanjiri daerah sekitarnya.

Karena itu, teman-teman yang Azka cintai, marilah kita jaga kebersihan di sekitar kita. Janganlah membuang sampah di sembarang tempat. Karena hal ini bisa menjadi sebab terjadinya banjir.

Teman-teman, kita tidak boleh saling menyalahkan dengan apa yang telah terjadi. Marilah kita mulai menjaga kebersihan dari diri kita masing-masing. Tidak baik apabila kita menyuruh orang lain menjaga kebersihan sedangkan kita tidak melaksanakannya. Marilah kita membuang sampah pada tempatnya dan menjaga hutan, untuk melestarikan lingkungan yang bersih dan aman dari banjir. (Majalah Azka, edisi 6 tahun 1 -Majalah Untuk Anak-anak-)

Nb : Semoga menjadi nasehat untuk kita semua terkhusus warga Jakarta.


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s