Saya sudah melamar seorang gadis dan diterima, namun bapaknya masih belum mau menikahkan kami, katanya nanti 4-5 tahun lagi…?

3 07 2012

Pertanyaan

assalamualaikum,,

ustadz,,saya pemuda 23 tahun dan alhamdulillah saya sudah melamar seorang gadis,umurnya 18tahun atau baru lulus SMA tahun ini dan alhamdulillah diterima.

Niat hati kami brdua ingin menyegerakan menikah, tapi bapaknya dia menghendaki 4-5 tahun lagi, dg alasan ingin anak perempuan pertamanya itu melanjutkn usaha ayahnya dulu berwiraswasta. sehingga ada bekal saat berkluarga nanti. trlebih memang sampai saat ini ayahnya menganggap kalau dia itu belum dewasa.

kami berdua smakin bingung. kalau pihak kluarga kami lainnya sebenarnya mndukung, tinggal ayahnya yg belum. kami takut kalau sampai terjerumus kedalam kmaksiatan. apalagi kami memang memiliki nafsu yg besar. kami takut kalau sampai tidak bsa mnjaganya…

kami berdua sudah menyampaikan alasan2nya dan berusaha meyakinkan  ayahnya, tp sampai sekarang blm juga ada hasilnya. kami berdua memaklumi sikap ayahnya itu, mungkin karena ayahnya dia jg trauma dengan kisah pernikahnya dulu yg juga menikah muda dan mengalami berbagai ujian berat yg hampir meretakkan keluarganya.

kami benar2 sudah smakin tidak kuat menahan nafsu kami. mohon solusinya ustadz…

wassalamualaikum…

Jawabannya :

wa’alaikumus salam warahmatullahi wabarakatuh, afwan baru sempat dibalas. Saudara penanya yang semoga dirahmati Allah, saya bisa memaklumi dengan apa yang anda rasakan, kalau saya boleh memberi saran, ada beberapa saran yang ingin saya sampaikan disini :

1. Banyak berdoa kepada Allah, semoga Allah Ta’aala memudahkan urusan anda. Allah Ta’aala berfirman

وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ

“ Dan Rabbmu berfirman : ‘Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu.” (Qs. al-Mukmin : 60)

2. Niat anda untuk segera menikah karena khawatir terjatuh kedalam perbuatan maksiat sangatlah baik. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda :

Wahai para pemuda barangsiapa diantara kalian yang mampu menikah  maka menikahlah dikarenakan  dengan menikah dapat lebih menundukkan pandangan  dan menjaga kemaluan  dan barangsiapa tidak mampu menikah maka baginya untuk berpuasa  hal itu sebagai tameng baginya. ( HR. Bukahri dari Ibnu Mas’ud Radiyallahu ‘Anhu )

3. Jaga pergaulan dengan wanita yang sudah anda lamar tersebut karena dia bukan siapa-siapa anda sampai adanya akad nikah.

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda :

مَا تَرَكْتُ بَعْدِي فِتْنَةً أَضَرَّ عَلَى الرِّجَالِ مِنَ النِّسَاءِ

“Sepeninggalku aku tidak meninggalkan pada ummatku suatu fitnah yang lebih berbahaya bagi laki-laki daripada fitnah (godaan) wanita.” (HR. Bukhari dan Muslim)

4. Cari mahram dari wanita tersebut baik kakak laki-lakinya atau pamannya atau kerabat wanita yang disegani bapaknya yang kira-kira bisa membantu anda dalam urusan ini. Caranya anda bicarakan kepadanya alasan atau latar belakang anda berdua untuk segera menikah, manfaat menyegerakan menikah dan dampak yang tidak baik jika tidak menyegerakannya. Kemudian minta bantuannya untuk bilang kepada orang tua wanita tersebut. Sebelum mengutarakannya, persiapkan ilmunya. Jika anda ingin, anda bisa baca artikel diantaranya “Aku dan keinginan menikah di usia muda” atau “Ssstt… ada yang ingin kukatakan : Saatnya Untuk Kita Menikah”

5. Shabar untuk tidak melakukan maksiat, karena maksiat akan membawa kepada kebinasaan di dunia dan di akhirat.

Allah Ta’aala berfirman :

وَاصْبِرُوا إِنَّ اللهَ مَعَ الصَّابِرِينَ

“ Dan bersabarlah. Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar. (Qs. Al-Anfaal : 46)

Wallahu a’lam bis shawwab, semoga bermanfaat.

Di jawab oleh Abu Ibrahim Abdullah Al-Jakarty


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s