Akad Nikah yang Sah Bisa Dibatalkan?

11 07 2012

Na’am, jazakumullahu khairan. Namun, setelah istri saya meninggal, saya difitnah oleh ayahnya  bahwa saya menikahi anaknya memiliki niat yang tidak baik, karena saya terlalu cepat mengatakan ingin “ganti tikar” menikahi adiknya. Kemudian ayahnya marah dan terucap, “Pernikahan kalian (saya dan dengan istri yang meninggal) gak sah.” Apa bisa orang tua membatalkan pernikahan dengan anaknya yang sudah terjadi? Bagaimana status pernikahan itu?

088261******

Jawabannya (di jawab oleh Al-Ustadz Muhammad Afifuddin)

Akad nikah yang sah sesuai ketentuan syariat  tidak bisa dibatalkan oleh wali wanita. Akad bisa batal dengan talak ba’in, talak raj’i, hingga habis masa iddah, khulu’, li’an, atau diketahui pasutri adalah mahram nasab atau karena susuan. Namun, karena sudah terjadi ketegangan dengan mertua, ahsan (sebaiknya) menahan diri tidak tergesa-gesa dalam bertindak. Lembutkan hati mereka, tunjukkan akhlak mulia. Kalau ternyata lebih besar mafsadahnya, maka lebih baik menikah dengan wanita yang lain. Yassarallahu umurakum. (Majalah Asy-Syariah Vol. VII/No.84/1433H/2012. Pada Rubrik Tanya Jawab Ringkas)


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

