Apa hukum niat berpuasa pada malam hari… ?. Apakah disyaratkan niat puasa pada setiap harinya pada bulan ramadhan atau cukup sekali niat untuk puasa satu bulan penuh?

24 07 2012

 Pertanyaan:

Apa hukum berniat puasa pada malam hari ?

Jawabannya

Niat pada malam hari merupakan syarat sahnya puasa. Niat tempatnya di hati  tidak di lafadzkan yaitu seseorang berniat untuk melakukan puasa keesokkan hari. Tidak sah puasa seseorang kecuali dengan niat baik puasa wajib atau sunnah. Berdasarkan sebuah hadist yang sangat masyhur. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

إِنَّمَا الأَعْمَالُ بِالنِّيَّاتِ

“Sesungguhnya amalan itu tergantung dari niat.” (HR. Bukhari dan Muslim).

 

Pertanyaan

Apakah disyaratkan niat puasa pada setiap harinya pada bulan ramadhan atau cukup sekali berniat untuk puasa satu bulan penuh?

Jawabannya

Para ulama berselisih  pendapat tentang hal ini. Namun pendapat yang terpilih insya Allah Ta’aala adalah pada setiap hari bulan ramadhan dia harus berniat untuk berpuasa pada malam harinya ini pendapatnya jumhur (mayoritas ulama). Dikarenakan setiap hari dia melakukan ibadah puasa tersendiri  tidak satu kesatuan/rangkaian dengan puasa pada hari yang lainnya. Apabila pada suatu hari puasa Ramadhannya batal atau rusak maka pada hari yang lain tidak menjadi batal/rusak karena berbeda puasa yang dia lakukan hari ini dengan yang kemarin tidak satu kesatuan/rangkaian (puasa yang batal dan puasa yang tidak batal berbeda tidak satu rangkaian). Berbeda dengan ibadah shalat yang rakaat pertama satu rangkaian dengan rakaat kedua. Wallahu a’lam

 

 

 


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s