‘afwan, mana yang sebaiknya dipilih seorang akhwat yang masih cukup muda antara masuk ke ma’had ataukah menikah?

24 10 2012

Pertanyaan

Bismillaah
‘afwan, mana yang sebaiknya dipilih seorang akhwat yang masih cukup muda antara masuk ke ma’had ataukah menikah? akhwat itu sebenarnya memiliki semangat untuk thollabul ‘ilmi namun dia sangat takut terkena fitnah yang semakin besar. Jikalau ada tawaran ikhwan yang (insya alloh) mampu membimbing akhwat tsb dalam thollabul ‘ilmi apa yang sebaiknya akhwat tsb pilih? thollabul ‘ilmi di ma’had ataukah menikah? dilain sisi akhwat tsb masih terlalu muda (menurut lingkungan) untuk menikah lebih-lebih akhwat itu beranggapan bahwa ‘ilmu yang ia dalami baru sedikit.
Jazaakallaahu khoyron katsiiron.

Jawabannya

Insya Allah tidak ada pertentangan antara menikah dengan laki2 shalih dan menuntut ilmu. laki2 yang shalih akan membantu saudari untuk menuntut ilmu. pertanyaan yang seperti saudari saudari tanyakan sudah ana jawab secara lebih panjang, silahkan jika saudari mengingkannya bisa dilihat diblog ini.

https://nikahmudayuk.wordpress.com/2012/06/27/ingin-segera-menikah-khawatir-terjatuh-dalam-maksiat-tapi-bingung-mana-yang-harus-didahulukan-menuntut-ilmu-atau-menikah/

https://nikahmudayuk.wordpress.com/2012/02/03/bingung-mana-yang-harus-didahulukan-menuntut-ilmu-atau-menikah/#more-634

terakhir ana sarankan untuk mencari suami yang secara sebab bisa menggabungkan dua keinginan saudari. maskud saya seperti menikah dengan seorang santri, atau pengajar di sebuah ma’had sehingga saudari setelah menikah nanti akan diajak tinggal dimahad. namun tentunya setelah saudari mengetahui tentang agama dan akhlaknya.

(dijawab oleh Abdullah Al-Jakarty)


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s