Menikah Dengan Pria Yang Tidak Dicintai

4 05 2013

menikah-dengan-orang-yang-tidak-dicintaiAfwan Ustadz, saya mau bertanya. Seorang wanita menikah karena paksaan orang tua. Dengan berjalannya waktu, ia tetap belum mencintai suaminya, tetapi suaminya mencintainya. Dari awal suaminya tahu bahwa sebetulnya istrinya enggan menikah dengannya. Apa nasihat Ustadz untuk mereka berdua? Jazakumullahu khairan.

Jawabannya: (di jawab oleh al-Ustadz Qamar Suaidi)

Apabila mereka berdua adalah orang yang bagus agamanya dan masing-masing melakukan kewajibannya serta menunaikan haq pasangannya, kami sarankan agar mereka tetap mempertahankan hubungan keluarga tersebut. Bagi sang istri yang kurang mencintai suaminya, bersabarlah selama kelurga  anda berjalan dengan baik. Nikmatilah karunia Allah tersebut dan jalanilah dengan bahagia. Bisa jadi, kita membenci sesuatu, tetapi itu baik bagi kita.

 Allah I berfirman,

وَعَسَى أَنْ تَكْرَهُوا شَيْئًا وَهُوَ خَيْرٌ لَكُمْ وَعَسَى أَنْ تُحِبُّوا شَيْئًا وَهُوَ شَرٌّ لَكُمْ وَاللهُ يَعْلَمُ وَأَنْتُمْ لا تَعْلَمُونَ

 “Boleh jadi kalian membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagi kalian, dan boleh jadi (pula) kalian menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagi kalian; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.” (al-Baqarah: 216)

Bisa jadi, lahir dari pasangan itu anak-anak yang menyenangkan dan bermanfaat bagi agama dan masyarakat. Bisa jadi pula, keberlangsungan keluarga tersebut akan lebih baik daripada perpisahannya.

Kebahagiaan bukan hanya karena cinta. Betapa banyak keluarga yang awalnya saling cinta -cinta mati kata orang- tetapi setelah itu hancur berantakan. Tragis. Apalah artinya jika demikian. Nikmati yang ada dan syukurilah,  semoga Allah memberkahi keluarga Anda.

(Sumber Majalah Muslimah Qonitah, edisi 03/vol. 01/1434H-2013 ditulis ulang untuk blog nikahmudayuk.worprss.com)

Iklan

Aksi

Information

3 responses

11 05 2013
lilik setiawan

assalaamu’alaykum.
jazakallahu khairan atas ilmu yg telah ustadz sampaikan.smg Allah merahmati kalian,dan menjaga kita semua diatas manhaj yg haq.

brkaitan dg artikel diatas,menikah dg ssorg yg tdk dcintai.
sy teringat bhwa salah satu syarat nikah adalah dg ridhony wanita tsb jika ia gadis. dan apakah kasus dlm artikel trsbt melanggar syarat nikah? apakah juga sah nikahnya jika syarat2 nikah tidak terpenuhi?

mohon penjelasannya?
jazakallahu khoiron.

28 09 2013
18 07 2016
Puspus

Afwan copas langsung tadi….
jazakumullah khairan katsiran

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s