Ketika Istri Menolak Ajakan Suami Untuk Behubungan Suami Istri

12 05 2013

menolak-ajakan-suamiJangan tanya dampak jelek dari tidak maunya seorang istri ketika diajak suaminya untuk melakukan hubungan intim yang dialami oleh orang-orang awam, dari mulai sebab suaminya memilih untuk selingkuh, zina, sampai menggauli anak tirinya sendiri dan dampak buruk yang lainnya. –naudzubillah-. Bahkan sebagain dari orang yang mulai mengenal sunnah namun karena jauhnya dari ilmu yang terkait dengan kehidupan rumah tangga atau karena meremehkan masalah ini akhirnya berdampak jelek juga bagi mereka. Seorang ikhwan pernah mengadukan permasalahnnya yang terpancing emosi sehingga menjatuhkan talak karena kesal dengan istrinya akibat menolak diajak untuk melakukan hubungan suami istri dan dampak jelek serta buruk lainnya yang mereka alami. Seharusnya seorang istri sadar bahwasannya hal tersebut termasuk hak suami yang harus dia tunaikan bahkan diantara hak terbesar suami. Apa lagi sang suami menghadapi fitnah syahwat yang luar biasa dari para wanita yang bertebaran dimana-mana dengan membuka aurat, berpakaian tetapi telanjang dan dengan kegenitannya serta tanpa rasa malu berani mendekati laki-laki. Tidak ingatkah kalian wahai para istri tentang sebuah hadits semoga menjadi sebab engkau tersadar tentang betapa besar fitnah yang dihadapi oleh suamimu. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

مَا تَرَكْتُ بَعْدِي فِتْنَةً أَضَرَّ عَلَى الرِّجَالِ مِنَ النِّسَاءِ

“Tidak aku tinggalkan sesudahku sebuah fitnah yang lebih berbahaya bagi kaum laki-laki daripada fitnah wanita.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Dalam hadits yang lain Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

إِنَّ الْمَرْأَةَ تُقْبِلُ فِى صُورَةِ شَيْطَانٍ وَتُدْبِرُ فِى صُورَةِ شَيْطَانٍ فَإِذَا أَبْصَرَ أَحَدُكُمُ امْرَأَةً فَلْيَأْتِ أَهْلَهُ فَإِنَّ ذَلِكَ يَرُدُّ مَا فِى نَفْسِهِ

“Sesungguhnya wanita itu datang dalam bentuk setan, dan berbalik dalam bentuk setan pula apabila salah seorang dari kalian terpesona melihat wanita maka datangilah istrinya. Sesungguhnya hal itu akan menolak gejolak yang ada dijiwanya.” (HR. Muslim)

Lalu bagaimana jadinya jika ketika sang suami ingin menyalurkan kebutuhan biologisnya, disamping itu untuk menjaga dirinya dari fitnah ternyata ketika dirinya mengajak istrinya lalu istrinya menolaknya, jelas hal ini akan menimbulkan fitnah untuk suaminya, dan kerusakkan untuk rumah tangganya. Namun karena jauhnya sebagian dari istri kaum muslimin dari masalah ini sehingga menjadi sebab mereka terjatuh kepada dosa penolakkan ajakan suami ketika diajak untuk memenuhi kebutuhan biologisnya. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

إِذَا دَعَا الرَّجُلُ امْرَأَتَهُ إِلَى فِرَاشِهِ فَلَمْ تَأْتِهِ فَبَاتَ غَضْبَانَ عَلَيْهَا لَعَنَتْهَا الْمَلاَئِكَةُ حَتَّى تُصْبِحَ

“Apabila seorang laki-laki mengajak istrinya ke ranjangnya, lalu istri tidak mendatanginya, hingga dia (suaminya –ed) bermalam dalam keadaan marah kepadanya, maka malaikat melaknatnya hingga pagi tiba.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Seharusnya yang dialkukan istri adalah memenuhi ajakan suaminya ketika dirinya diajak berhubungan suami istri.

إِذَا دَعَا الرَّجُلُ زَوْجَتَهُ لِحَاجَتِهِ فَلْتَأْتِهِ ، وَإِنْ كَانَتْ عَلَى التَّنُّورِ

“Jika seorang laki-laki mengajak istrinya untuk menyalurkan hajatnya (kebutuhan biologisnya -ed), maka hendaklah ia mendatangi suaminya, meskipun dia sedang berada di tungku perapian.” (HR. Ibnu Syaibah, at-Tirmidzi, ath-Thabarani dan berkata at-Tirmidzi Hadits Hasan Gharib, dan dishahihkan Ibnu Hibban no 4165)

Berkata al-Imam Syaukani rahimahullah, tentang hadits diatas: “Kalau dalam keadaan seperti itu saja tidak boleh seorang istri menyelisihi suami, tidak boleh tidak memenuhi ajakan suami sedangkan dia dalam keadaan seperti itu, maka bagaimana dibolehkan untuk menyelisihi suami selain dari kondisi itu.” (Silahkan Lihat Nailul Authaar:269/231)

 Ingatlah wahai istri tentang hak suami kalian yang begitu besar, dimana Rasulullah shallallahu ‘laihi wasallam bersabda: “Kalau sendainya aku boleh menyuruh seorang untuk bersujud kepada orang lain, maka niscaya aku perintahkan seorang istri untuk bersujud kepada suaminya” (HR. Abu Dawud, al-Hakim dan at-Tirmidzi menshahihkannya)

Namun dalam agama kita tidak boleh seseorang sujud kepada orang lain. Hadits diatas menunjukkan betapa besar kedudukan seorang suami disisi istrinya.

Wahai para istri perhatikanlah masalah ini jika kalian menginginkan kebaikkan untuk suami yang kalian cintai, kebaikkan untuk diri kalian dan rumah tangga kalian. Jangan sampai kalian menyesal setelah terjadi sesuatu yang tidak baik terhadap suami kalian, atau diri kalian atau rumah tangga kalian.

ditulis oleh: Abdullah al-Jakarty


Aksi

Information

47 responses

21 05 2013
18 06 2013
3 07 2013
krabypatty

pertanyaan saya apakah berdosa bila suami (laki2) selingkuh / maaf jajan diluar gara2 istri menolak ,siapakah yg berdosa istri/suami,
ditunggu reply or email juga boleh

13 07 2013
safarez hariyadi

tpi ya lihat kondisi istri jga dong…kalo menolak tpi baik2 untuk sekedar menunda lain waktu sebab capek/sakit…bolehlah suami bersabar….

3 02 2015
okta

kalau sakit sich kita ngerti (laki2) tp kalau mslh capek atau ngantuk kn jelas2 berdosa

5 09 2013
mazren

bosen ditolak terus,,lama2 slingkuh juga kalo kaya gini..ditolak istri tu malu,sakit hati karna diremehkan dan gak dihargai..

10 09 2013
nikahmudayuk

shabar pak, nasihati istri anda dengan baik, dan berhati-hati dari tipu daya syaithan yang mengajak seseorang untyuk berbuat haram. mungkin saudara bisa ngeprint artikel ini dan diberikan kepada istri.

20 03 2014
rafi

ini yang sering terjadi pada diri saya…saya hanya bisa bersabar…
moga allah mengampuni dosa istri saya..

30 05 2014
anto gandhi

stiap sy mengajak berhubungan intim, istri mau melayani tp selalu ada syarat minta belikan ini itu, walaupun tdk langsung yg penting sy hrs menyanggupi, kalo tdk, pasti sy ga bakal dilayani. bagaimanakah cara menghadapi istri yg seperti ini, aku bingung? kalo ga dilayani sy mau beli tp takut dosa, jdnya selalu merana.

29 07 2014
curahan hati

Hal ini sering terjadi kepada saya, akmulasi penolakan tersebut secara tidak langsung telah menjadikan saya menjadi sering berfikiran untuk mencari wanita lain sebagai pelarian, tapi untung nya hal tersebut belum pernah saya realisasi kan. seringkali permasalahan ini saya bicarakan kepada istri saya, tapi hal ini tetap saja sering terjadi. terus terang permasalahan penolakan ini telah melunturkan cinta saya kepada istri saya, saat ini saya hanya berfikiran untuk menafkahi keluarga saya secara materi saja, permasalahan sex sudah sedikit saya kesampingkan karena sering nya penolakan oleh istri saya. yang menjadi pertanyaan apakah jika suatu hari muncul kesempatan untuk berselingkuh dan saya terjerumus dalam sebuah perselingkuhan, apakah ini total kesalahan saya? mohon pencerahan nya dari moderator, trims..

22 11 2016
nikahmudayuk

Anda berdosa, ingat dosa besar. bahkan pelakunya hukumnya dirajam jika telah menikah. coba komunikasikan dng baik, atau utarakn apa yg anfa rasakan, dll klo tetap seperti itum anda bisa nyari istri lagi.

19 10 2014
Herman Sutarno

Memang sering terjadi istri menolak, karena iblis dari dulu senang sama kaum hawa ,karena mudah digoda !

14 03 2015
pak bro

Solusi utk diri saya apa kalo istri saya terus menolak,,,?

8 06 2015
Anto hoed

Sama kayak kasus ane nih.. Udah tunggu sampe malam, mintanya pagi, trus ane sabar mintanya besok, eh disuruh sabar lagi..

19 07 2015
benynando

kalo mesti bersabar selalu ditolak bisa sabar sampai berapa lama? klo sampe 3 mingguan selalu ditolak jalan keluarnya gimana? apakah harus onani? sedangkan onani itu dilarang.

10 08 2015
Hardo Dedali

Sama, apalagi di saat bulan Ramadhan istri enggan berhubungan badan sering banyak alasan-alasan yang ga masuk akal.

22 11 2016
nikahmudayuk

Hub suami istri boleh dimalam bulan ramadhan, komujikaskn dgn baik dgn istri

24 11 2015
amir

Mungkin inilah salah satu penyebabya bahwa wanita it paling banyak masuk neraka nanti,

3 01 2016
susanto

memang sgt sulit bagi suami yg punya istri selalu seperti ini..
suami cuma bisa menghela nafas panjang sambil meratapi keadaan..apakah perkawinan Akan panjang atau tidak..

26 01 2016
angga

kalau suami onani karna istri terlalu sering menolak ajakan suaminya gimaa tuh hukumnya ?sempet kepikiran mau selingkuh atau jajan diluar , tp dipikir lagi mending ane onani ga ngabisin uang dan ga ngelakuin dosa besar , info dong gimana hukumnya

22 11 2016
nikahmudayuk

Onani haram hukumnya

1 03 2016
abdul

Sebaiknya poligami.tingkah laku istri seperti itu menandakan meng ya kan mencari wanita lain. Tpi yg halal

22 03 2016
momon

Saya berselingkuh karena istri terlalu amat sering menolak bahkan pernah 6 bulan tanpa hubungan suami istri. Usaha berdiskusi sdh, dan selalu di hindari. Di saat yang sama seorang mantan kekasih datang menyejukkan hati…saya cinta istri saya tapi saya butuh melampiaskan hasrat saya sbg pria. Dosakah saya?

22 11 2016
nikahmudayuk

berdosa, anda telah melakukan dosa besar.

2 04 2016
dede

Saya alami kejadian ini ga sekali dua kali.memank benar saya lagi punya anak bayi skrng menginjak satu tahun…saya merasa bahagia.tp di sisi lain mengenai masalah biologis istri saya selalu menolak untuk saya ajak berhubungan.alasan selalu capek,lelah seharian urus ank,dan lain2.

Kadang saya minta berhubungan dia bilang malam.sdh malam dia seolah olah lupa saya di tinggal tidur..begitu trus selanjutnya.kadang saya sampai mohon mohon saking kepinginnya saya tetap g di gubris.

Normal 2 minggi saya hanya sekali berhubungan.apalagi klo menstruasi saya nunggu lama lagi.sampai saya kesal walau coba untuk bersabar.

Sampai kadang saya mau berbuat nakal jajan di luar tp saya ingat anak saya.jika hub rumah tangga seperti ini saya yakin tdk akan lama.semoga istri saya di beri kesadaran.

Baik buruknya sdh menjadi resiko saya.
Hanya pasrah sama yg di atas.

12 04 2016
rangga

saya sudah 1 tahun ditolak terus. apakah masih perlu menunggu hingga 2 atau 10 tahun lagi? mau jajan takut kena aids. kalau pake kondom rasanya gak enak. masturbasi gak asik. bingung jadinya

20 05 2016
nikahmudayuk

istrinya dinasehatin dengan baik2. masturbasi tdk boleh

20 04 2016
Budi

Istri saya sering menolak sya untk brhubungan,tpi tiap sq ingatkan dya bru sdar lgi. Tp pling tdk 1 minggu dya ulangi kembli kelakuan.a
Ap yg hrz aq lkukn. Haram kah suami selingkuh lw istri sperti in..
Trimk. Ass wb

20 05 2016
nikahmudayuk

shabar sambil di ingatkan istrinya. selingkuh haram hukumnya

24 05 2016
Surkam

Luar biasa hidup di akhir jaman begitu besar tantangannya. termasuk isteri yg berani menolak ajakan suami untuk berhubungan sudah pasti adalah korban dari seringnya nonton sinetron/film drama…

15 06 2016
Gunawan

Udah sering di nasehati,tapi hasilnya sama aja, nungguin dr sore,sampe malem,sampe ngantuk.akhirnya emosi..!! Mastrubasi emang gk boleh,, tapi kalo niatnya untuk menjauhkan dr perzinahan bagaimana hukumnya??

22 11 2016
nikahmudayuk

onani hukumnya haram, ada cara2 yg dibenarkan dlm menghindari perbuatan zina, dgn menikah, puasa, dll. Komunikasikn dgn baik dg istri anda

28 08 2016
rosid

Istri saya juga sering nolak berhubungan bdn banyak alasan…hingga ilfil sendiri mintanya… Cpe hti cape batin.. .di nasehatin gk pernah di dengar.. .apa yg saya harus lakukan??? Saya merasa gagal menjdi suami.. .

15 06 2016
Bram

Sy sering mngalami hal ini jg, brbagai cara sdh sy lakukan bhkn tiap hr sll sy krm artikel2 yg spt ini bhkn trkadang sy belikan buku sptr hal2 demikian tp tryt sering mentah, kl bkn dm anak2 sy psti sdh prgi jauh. Mohon solusinya…

27 06 2016
esin alvin

kalau d diemin isteri smakin ngelunjak, padahal pekerjaan d rmah jga ska d bantuin, giliran d ajak berhubungan sama suami banyakalasan’a, padahal dia sedang sehat, apa solusi’a. terima kasih

11 07 2016
dede y

Dosakah saya jika merasa kesal dan marah jika istri menolak untuk hubungan,

14 07 2016
esin alvin

apakah masuk d akal kalau suami selama 2 bulan ngajak isteri berhubungan tapi selama 2 bulan itu jga selalu saja ada alasan untuk menolak, kalau lagi sakit saya maklumin, tp kalau lg sehat masa ga mau jga, gmana solusi’a

14 07 2016
esin alvin

saya dah 2 bulan selalu d tolak sama isteri berhubungan, tp yg 2 minggu kmaren saya maklumin kalau dia lg dapet, alesan’a kalau ga mau lg kurang sehat, apa mungkin setiap minggu sakit,,apa solusi’a

14 07 2016
esin alvin

saya dah 2 bulan d tolak berhubungan, tiap minggu selalu aja da alasan’a, bahkan pernah dia mengancam saya, kalau saya jgan macam2 nanti malem

19 07 2016
aby

kirain cuma saya aja yg ditolak istri saat diajak berhubungan. :D

15 08 2016
bodro

Di tolak istri sakit hatinya sampai terasa d umbun umbul

15 08 2016
bodro

Di tolak istri sakit hatinya sampai terasa d umbun umbun

21 10 2016
manjha

kalaw nolak karna udah sakit hati atas perilaku suami, salah juga ?

22 11 2016
nikahmudayuk

Tidak boleh, krn itu haknya suami disammping akan menimbulkan masalah bahkan kehncuran dlm rmh tangga

11 11 2016
msss

berdosakah istri menolak ajakan suami karena dalam keadaan marah sebab suami melakukan kesalahan. mohon jawabanya terima kasih.

15 11 2016
dika

Istri saya kerja dan saya pengangguran?setiap sya mempunyai hasrat untk brhubungan sex psti sblm meminta istri saya buang muka dlu,setiap hari sprti it,pdhl sya sudh tinggi2nya ingn mlakukanya,ddlm hati sya brfkir yg senonoh,kekhilafan sya smpt mikir ingin memperkosa atau membius org..pkrn tsbt krn hasrat yg tdk terlampiaskan

22 11 2016
nikahmudayuk

Banyak berdoa agar Allah mudahkan anda dlm mencari rezeki, usahakan utk anda berkerja dgn cara yg halal,penolakkan istri anda perbuatannya yg salah, coba komunikasikn dengan baik dg istri anda. Berlindung kpd Allah dari godaan setan, ingat zina apalagi meperkosa dosa besar, dan ingat akibat buruk yg akan Seseorang dptkan jk melkukn dosa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s