Hikmah Indah Dibalik Syariat Menikah

25 05 2016

nikahMenikah mempunyai manfaat yang sangat banyak diantara adalah apa yang disebuatkan dibawah ini:

Berkata Asy Syaikh Al Allamah Shalih al Fauzan: Pernikahan menimbulkan mashlahat (kebaikkan) yang besar:

Pertama: Berlangsungnya keturunan manusia, memperbanyak jumlah kaum muslimin dan membuat marah orang-orang kafir dengan lahirnya para mujahid dan para pembela agama Allah.

Kedua: Menyucikan kemaluan, menjaganya dan memeliharanya dari bersenang-senang dengan sesuatu yang haram karena akan menghancurkan komunitas manusia.

Ketiga: Adanya suami bagi seorang wanita yang menjaga dan menafkahinya. Allah Ta’aala berfirman

الرِّجَالُ قَوَّامُونَ عَلَى النِّسَاءِ بِمَا فَضَّلَ اللهُ بَعْضَهُمْ عَلَى بَعْضٍ وَبِمَا أَنفَقُوا مِنْ أَمْوَالِهِمْ

“Kaum laki-laki itu adalah pemimpin bagi kaum wanita, oleh karena Allah telah melebihkan sebahagian mereka (laki-laki) atas sebahagian yang lain (wanita), dan karena mereka (laki-laki) telah menafkahkan sebagian dari harta mereka.” (an Nisa’:34).

Keempat: Tercapainya ketenangangan dan kelembutan suami istri. Dan ketenangan/kebahagian jiwa. Allah Ta’aala berfirman

وَمِنْ آيَاتِهِ أَنْ خَلَقَ لَكُمْ مِنْ أَنفُسِكُمْ أَزْوَاجًا لِتَسْكُنُوا إِلَيْهَا وَجَعَلَ بَيْنَكُمْ مَوَدَّةً وَرَحْمَةً إِنَّ فِي ذَلِكَ لَآيَاتٍ لِقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ

“dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir.” (ar ruum:21)

Kelima: Menjaga komunitas manusia dari terjatuhnya kepada kejelekkan/kekejian akhlak yang menghancurkan akhlak dan keutamaan.

Keenam: Menjaga nasab, memperkokoh ikatan kekerabatan dan tali silaturahim sebagian dengan sebagian yang lainnya. Dan terbentuklah keluarga-keluarga mulia yang dipenuhi dengan kasih sayang, keterikatan dan membela kebenaran.

Ketujuh: Meningkatkan anak manusia dari kehidupan binatang kepada kehidupan manusia yang mulia. Dan manfaat-manfaat besar lainnya yang yang muncul dari pernikahan syar’i, mulia dan suci yang tegak diatas kitabullah dan sunnah Rasulullah-Nya.” (al Mulakhas al Fiqhiy:378)


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s