Buku Tamu

بسم الله الرحمن الرحيم

Al Hamdulillah, bagi para pengunjung blog ini kami berharap antum bisa mendapat manfaat dari blog ini atau memberi saran dan nasehat atau sekedar mengisi buku tamu, kami ucapakan Jazakallahu khoir atas kunjungan antum semua serta saran dan nasehat antum.

Iklan

91 responses

31 03 2010
abdullah

Semoga bermanfaat blognya.

31 03 2010
karadeniz

blog yang bagus untuk direnungkan bagi ikhwan dan akhwat

31 03 2010
nikahmudayuk

Jazakallahu khoir, barakallahu fikum

6 04 2010
wahidin

nikah muda yuk??!!
yuukk… :) <3

6 04 2010
nikahmudayuk

semoga Allah memudahkan kita semua untuk menikah diusia muda. jazakallahu khoir atas kunjungannya

8 04 2010
Bayu Aji

assalamu’alaikum…..
salam ukhuwah
mudah2 bermanfaat
amin3 ya robbal alamin

9 04 2010
nikahmudayuk

wa’alaikumussalam, jazakallahu khoir

15 04 2010
Admin Blog Sunniy Salafy

Bismillah,
Jadi, Ustadz Abdullah punya dua blog. mantab. barokallahu fiik wajazakallahu khoiron.

16 04 2010
nikahmudayuk

waiyyak. wafikum barakallah. jazakallahu khoir.

20 04 2010
Abu Najih

Assalamu ‘alaikum warohmatullohi wabarokatuh..
Kaifa haluk ust??
Afwan baru kunjungi blog antm..
Ditunggu tulisan2 antm yg lainnya..
Allahu yahfadzuk..
dari abu najih diYaman..

15 05 2010
Revi Indrawan

Assalamu’alaikum warohmatullohi wabarokatuh.

Salam kenal, ana revi di matraman.
Akhi, ada gak materi bimbingan supaya lebih yakin lagi, untuk menikah muda,, Kok ana tidak menemukan di Blog INi…ya.

Jazakallahu khoiron

18 05 2010
nikahmudayuk

Wa’alaikumussalam warohmatullohi wabarokatuh, na’am insya Allah ada cuma karena blog ini baru, jadi baru sedikit artikelnya. lalu disamping kesibukan ana dan belum ada fasilitas yang memadai. insya Allah bertahap. barakallahu fikum

25 05 2010
Abu Abdillah Azmi

Bismillah
Assalamualaykum Ustadz.

Ana minta ijin copas tulisannya buat ngisi blog ana ya ustadz ?
Oiya ustadz, kapan mau membahas kitabun nikah ?

Jazakumullahu khairan
Barakallahu fikum

31 05 2010
nikahmudayuk

iwa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh. insya Allah, lagi dipersiapkan

7 09 2010
nikahmudayuk

tafadhol, semoga bermanfaat

17 09 2010
nikahmudayuk

wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh. semoga bermanfaat

19 09 2010
nikahmudayuk

wa’alaikumussalam warah matullahi wabarakatuh, semoga bermanfaat. silahkan

21 09 2010
alfurqoncell

Assalamu’alaykum. Kalau yang pengin nikah gimana biar cepet dapat akhwatnya e!Maklum ane jarang keluar2! Jaga toko!Adakah yang bisa bantu? :D

21 09 2010
nikahmudayuk

wa’alaikumusslam warahmatullahi wabarakatuh. semoga Allah mudahkan urusan antum.

25 10 2010
abu shafiyah arif

Bismillah.
semoga di mudahkan jalannya untuk selalu meng update…
khoir insya Allah..
jazakumullahkhoirokatsir..

27 10 2010
nikahmudayuk

wanta jazakumullahu khoir

23 11 2010
Zuhry Abu Daud

Ustad ana ijin copas ke blog ana…

28 11 2010
nikahmudayuk

tafdhol, semoga bermanfaat

22 01 2012
salafy. salahutu/ ambon

bismillah.. afwan akhy saifuddin, boleh ana tau blog nya antum…

* saiful haydar *

23 01 2012
nikahmudayuk

silahkan, barakallahu fikum

23 11 2010
indar jaya Abu Mu'adz Al Makassary

Assalamu ‘Alaikum, ana minta ijin copy paste tulisan-tulisan Uztads, Jazakallahu Khair

9 12 2010
abu abdirrahman

assalamu’alaikum
ustadz, ini blog ana http://www.madrasahalajurumiyah.wordpress.com
barokallahufiikum

14 12 2010
nikahmudayuk

wa’alaikumussalam semoga berjalan lancar. fikum barakallah.

28 01 2011
Abu Hatim

tetap semangat ust….!
Allahuyahfadzuk

30 01 2011
nikahmudayuk

barakallahu fikum

8 02 2011
musmuliadi

i lake it

19 02 2011
nikahmudayuk

semoga bermanfaat

2 03 2011
nikahmudayuk

afwan baru sempat balas, barakallahu fikum. pertanyaan ini banyak ditanyakan oleh sebagian orang. Maka perlu diketahui tidaklah dijadikan alasan seseorang menunda menikah dikarenakan ingin belajar terlebih dahulu karena tidak ada pertentangan antara belajar dan menikah.
Inilah jawaban yang ana dengar dan baca dari para ulama. suami yang shalih akan membantu seorang istrinya menuntut ilmu. Sangat banyak ayat maupun hadist yang mengnjurkan kita untuk menikah. diantarnya

Allah Ta’ala berfirman:

وَمِنْ ءَايَاتِهِ أَنْ خَلَقَ لَكُمْ مِنْ أَنْفُسِكُمْ أَزْوَاجًا لِتَسْكُنُوا إِلَيْهَا وَجَعَلَ بَيْنَكُمْ مَوَدَّةً وَرَحْمَةً إِنَّ فِي ذَلِكَ لَآيَاتٍ لِقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ
“Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya di antaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir”. (QS. Ar-Rum: 21)

Allah Ta’ala berfirman:

وَلَقَدْ أَرْسَلْنَا رُسُلًا مِنْ قَبْلِكَ وَجَعَلْنَا لَهُمْ أَزْوَاجًا وَذُرِّيَّةً وَمَا كَانَ لِرَسُولٍ أَنْ يَأْتِيَ بِآيَةٍ إِلَّا بِإِذْنِ اللَّهِ لِكُلِّ أَجَلٍ كِتَابٌ
“Dan sesungguhnya Kami telah mengutus beberapa Rasul sebelum kamu dan Kami memberikan kepada mereka isteri-isteri dan keturunan. Dan tidak ada hak bagi seorang Rasul mendatangkan sesuatu ayat (mu`jizat) melainkan dengan izin Allah. Bagi tiap-tiap masa ada Kitab (yang tertentu)”. (QS. Ar-Ra’d: 38)

Allah Ta’ala berfirman:

فَانكِحُواْ مَا طَابَ لَكُم مِّنَ النِّسَاء مَثْنَى وَثُلاَثَ وَرُبَاعَ
“Dan nikahilah wanita-wanita yang kalian senangi, dua atau tiga atau empat wanita.” (QS. An-Nisa`: 3)

Dari ‘Abdullah bin Mas’ud radhiallahu ‘anhu dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bahwa beliau bersabda:

يَا مَعْشَرَ الشَّبَابِ مَنِ اسْتَطَاعَ مِنْكُمُ الْبَاءَةَ فَلْيَتَزَوَّجْ فَإِنَّهُ أَغَضُّ لِلْبَصَرِ وَأَحْصَنُ لِلْفَرْجِ وَمَنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَعَلَيْهِ بِالصَّوْمِ فَإِنَّهُ لَهُ وِجَاءٌ

“Wahai sekalian pemuda, barangsiapa di antara kalian yang sudah memiliki kemampuan maka hendaknya dia menikah, karena hal tersebut lebih menundukkan pandangan dan lebih menjaga kemaluan. Dan barangsiapa yang belum mampu maka hendaknya dia berpuasa karena puasa adalah benteng baginya”. (HR. Al-Bukhari no. 5065 dan Muslim no. 1400)

dan dari amalan Nabi kita kita bisa mengetahui apa yang beliau anjurkan bagi putri2nya. Rasulullah menikahkan Ruqqayah, Zainab disaat masih berumur belia dan mereka adalah wanita2 yang paling semangat menuntut ilmu, begitu juga Abu Bakar menikahkah ‘Aisyah diumur yang yang sangat muda… apakah dengan sebab itu aisyah lalu tidak bisa belajar..??bahkan aisyah menjadi wanita yang paling faqih dalam masalah agama, Hafsah pun menikah diusia 18 tahun dng Rasulullah shalallahu ‘alahi wasallam setelah menjdi janda apakah umar tidak tahu mana yang terbaik untuk anaknya sehingga dinikahkan pada usia muda??!! bukankah hafsah wanita yang semangat menutut ilmu dll.]

Klau ada yang berkata realita yang mengatakan demikian (Yaitu banyak ummahat yang terhalangi dari menuntut ilmu atau terganggu) :
maka kita jawab, realita yang lainpun menyatakan hal yang lain…. yaitu para akhwat yang duduk dimajelis ulama di yaman hampir 100% kalau tidak mau dikatakan 100% semuanya setatusnya adalah WANITA YANG PUNYA SUAMI…!!! yang mereka belajar ke yaman berangkat dengan suami2 mereka. lalu dimana yah wanita yang statusnya blum punya suami di majelis – majelis para ulama disaudi atau diyaman….
sekaligus jawaban ana ini sebagai penjelasan kekeliruan seseorang yang berkata :
” kalau ada orang yang menawarkan untuk menikah sama ikhwan atau akhwat yang semangat belajar saya adalah orang yang pertama kali yang menghalanginya”..????

lihat ukhty tidak ada pertentangan antara belajar dan menikah dengan laki2 shaleh, justru akan membantu anti dlm menuntut ilmu tinggal sama2 komitmen dan saling ta’awun.

kalau alasannya sibuk nanti jika jadi ibu rumah tangga ngurus anak, suami dll.
maka jawabannya ;
setiap orang punya kesibukkan, yang belum menikahpun punya kesibukkan, contoh berapa banyak wanita yang belum menikah tidak bisa ikut kajian di tempat yang mengharuskan safar karena tdk ada mahram yang mengantar,,,Lihat bagaimana wanita tanpa suami kehilangan kesempatan belajar…!! wanita yang punya suami enak ada yang ngatar ketika tempat ta’limnya jauh….
yang mengahuruskan safar…

semoga jawaban ini bermanfaat bagi kita semua.

16 03 2012
ibnu muhammadin

Ustadz gimana cara belajar ke luar negeri ? apa mungkin kurang rajin berdoa ya . . . ?

17 03 2012
nikahmudayuk

iya rajin2 doa segala sesuatunya ditangan Allah

28 04 2011
nikahmudayuk

alhamdulillah. semoga barakah

16 05 2011
Abdillah Muhammad

setiap membaca blog ini kembali jadi semangat… Jazaakallahu khoiroo yaa ustadzyy… wa barokallahufiikum

17 06 2011
amar

assalamu’alaikum akhi.. ijin copas tulisan nikahnya ya?

18 06 2011
nikahmudayuk

wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh, tafadhol (silahkan)

12 08 2011
nikahmudayuk

iya nih dah pindah

23 09 2011
ibnukasdi

Bismillah,,salam kenal,, ana ijin copyi beberapa filenya ustad,,

23 09 2011
ibnukasdi

ustad minta tolong arsip entrinya ditampilkan,,, syukron

25 09 2011
nikahmudayuk

afwan maksudnya gama ana tidak paham. jazakumullahu khoir

29 11 2011
Ahmad Fa'iq

Bismillah.
Ana sependapat dengan Ibnu Kasdi. Tolong arsip entrinya ditampilkan agar memudahkan kami dalam mencari dan membaca artikel-artikel antum.
caranya, edit dibagian widget ustadz, masukkan widget ‘arsip’.
hayyakumullah.

2 12 2011
nikahmudayuk

afwan sdh ana coba tapi tdak bisa, afwan ini karena kekurang cakapan ana masalah ini, insya Allah nanti ana bilang sama ikhwan yang bikin blog ini

3 10 2011
nikahmudayuk

na’am ana sudah pindah ke celeungsi. di Aula Pak Mere kelapa dua cilincing

22 01 2012
MUHAMMAD

Bismillah.
dari “madinahprint”
Bagi antum yang ingin CETAK NOTA, FAKTUR, SURAT JALAN, SPANDUK, NEON BOX dll
Kami memberikan kemudahan dalam pelayanan “Pelanggan pesan kemudian tinggal menunggu di kantor, toko, ruko, pabrik dan rumah, hasil CETAKAN Kami antar sampai tujuan”.
untuk wlyah JABOTABEK bebas ongkos kirim
lebih lengkap kunjungi kami :
http://www.madinahprint.wordpress.com
Hp: 021-9248-7186
0813-8445-7797

27 02 2012
abu kaisan

Bismillah.afwan ust,ana ingin berbagi faidah dg yg lainnya.
Silahkan unduh rekaman daurah yang telah diselenggarakan pada:
-Hari : Ahad
-Tanggal : 26 Februari 2012
-Tempat : Masjid Ithishom Jakarta
-Tema : Menyimpang Tanpa Sadar
-Pemateri : Al Ustadz Muhammad `Afifuddin As Sidawi

Menyimpang Tanpa Sadar Ust.Affifudin Sesi 1 dan Sesi

http://www.ashshohihain.blogspot.com

28 02 2012
ahmad

dengan 7,5jt Anda sudah mendapatkan paket akad hingga walimah. segera kunjungi kami ya

5 03 2012
Majelis Al-Barokah

Bismillah. Afwan akh, kami dari Panitia Daurah Aqidah Semarang minta tolong dibantu untuk infokan Daurah Aqidah Semarang yang ada di web http://majelis-albarokah.com/?p=290. Semoga bisa membantu menyebarkannya via website ini atau via Facebook & Twitter. Jazakallahu khoiron atas kerjasamanya.

20 03 2012
ibnu muhammadin

ada!!! hhehe… jadi bales sendiri dah nih

8 04 2012
nikahmudayuk

semoga Allah memudfahkan urusan antum

28 03 2012
publikasisalaf

Informasi Kajian Intensif Sehari ” MEMBINA KELUARGA ISLAMI & MEWUJUDKAN ANAK SHALIH ”
http://publikasisalaf.wordpress.com/2012/03/26/informasi-kajian-intensif-sehari-membina-keluarga-islami-mewujudkan-anak-shalih/

2 05 2012
Putra

assalamualaikum
ustad, afwan boleh tau email antum? ada yg ingin ana konsultasikan. syukran.

19 07 2012
joko

perkenalkan saya joko , saya seorang mualaf….. ingin belajar islam, ada yang mau sering?

19 07 2012
nikahmudayuk

silahkan pak bisa dengerin radio kajian rutin live streming di http://www.salafycileungsi.com

3 12 2013
mengenalislamlebihdekatIbnu

sekarang sudah ganti domain ustadz jadi http://www.salafycileungsi.info/

20 08 2012
Yusuf ucuf

Nikah muda, mantap!

6 09 2012
nikahmudayuk

wa’alaikumussalam. tafadhol (silahkan) semoga bermanfaat.

25 09 2012
Hendra

Bismillah
Afwan
Numpang Masang iklan tad

Barokah Kurban
Menyediakan Hewan Kurban

*1 – 3 Juta (kambing)
12-30 Juta (sapi)
.
Berminat ?!
Hub :081253440954
081317173476

4 10 2012
nikahmudayuk

masya Allah Ustdaz, jazakumullahu khair atas dakwah antum, wa barakallahu fikum.

5 10 2012
Syuhada Al Iskandar

wa fiikum barakallah, ya Ustadz Abdullah… Allah yuzawwijak… Allah yuzawwijak…

5 10 2012
Abu Salman

Alhamdulillah nemu blog ahlusunnah lagi. Semoga terus di update. Barokallahu fiyk.

10 10 2012
Abu Hanif Yudi

Assalamu ‘alaikum ustadz..
salam ukhuwah, ana ikhwan Bandung.. ijin menukil tulisan2 antum untuk menebar faidah di blog ana..

Jazaakallahu Khairon..

10 10 2012
nikahmudayuk

wa’alaikumussalam, naam tafadhal akh. wa anta jazakumullahu khair

2 11 2012
nikahmudayuk

afwan komentar saudari lansung tampil tanpa dimoderasi. afwan ana tdk paham, kemana ana mengirim nasehat. berbentuk tulisan maksudnya atau nasehat khusus?

5 11 2012
catatanmms

masya Allah, afwan ustadz, ana bingung mau kirim pertanyaan ke bagian apa, jadinya ana nulis di sini. afwan juga telah membingungkan. berupa tulisan saja ustadz. agar bisa dicopas dan bisa dibaca oleh banyak ikhwah (khususnya bermudah2an dalam berteman dgn lawan jenis di FB dan juga nasehat bg suami istri yng memiliki masalah seperti ini).
Barakallahu fiik..

25 11 2012
Agus Toke

Assalamualaikum salam kenal,,)

28 11 2012
Al Akh Fulan

Bismillahi,

Assalamu’alaykum
Mohon maaf sebelumnya Ustadz Abdullah, jika saya menuliskan permasalahan saya di sini, semoga Ustadz sempat untuk membaca dan menjawabnya.

saya seorang mahasiswa semester akhir, umur 22 th, sudah lama mengnal salaf dan intens dars di majelis2 ilm,sebut saja al akh fulan, di fakultas “x”, yang perbandingan wanita ajnabi : laki ~ bisa mencapai 8:1 atau bahkan lebih, sejak awal kuliah hati sudah tidak menentu ustadz,,,, wanita dimana2,,, qodarullah saya sering kali terjatuh pada perbuatan “tersembunyi” untuk menenagkan kondisi saya,,,, yang terbilang sangat mudah sekali terpengaruh dg hal2 “sensitive”, saya sedih ustadz… knp saya tidak mampu membendung ini…. kondisi ini berlanjut,,, saya mencoba menahannya dg puasa,,, namun lagi2 gagal, dan terus seperti ini…

Saya dilema ustadz, saya adalah anak yg diharapkan bisa menyejukkan hati abi dan ummi, krn saudara yg lain nakal dan bandel2… saya terbilang anak yg menurut,…

Kondsi ini mebuat saya tidak focus kuliah,,, sakit2an karena kepikiran,,,, saya tidak tau siapa yang berosa ustadz,,, hati ini ingin berhenti kuliah tapi abi dan ummi sangat keras… dan justru mereka makin mensupport setia agar sy tetep di kuliah, namun apa dikata, ana makin tidak menentu, futur berkpanjangan,,,, kondisi kampus masyaAllah, sering kali saat di kelas, terbersit pikiran2 kotor itu lagi…,,,dan sepulangya saya terjatuh lagi pada perbuatan tersembunyi itu… akhirnya,,, kondisi hati rusak,, hafalan2 hadits dan ayat quran mulai lepas dan hilang….

semester pertengahan lalu, saya tanpa sepengetahuan ummi dan abi, memulai proses dg seorang muslimah, via walinya… saya berkenalan dg keluarga dan saya belum nazhor ustadz, hanya mencari keterangan… siapa disangka, keluarganya baik,,, mereka mau menikahkan muslimah tsb dg ana…. namun ana mengatakan untuk menunggu dulu,,,krn saya ada masalah ijin dengan abi dan ummi… keluarga muslimah tersebut paham, dan menunggu saya….

Mulailah saya melobi abi dan ummi, saya utarakan bahwa saya takut terjerumus dalm perbuatan yang besar maksiatnya… namun abi dan ummi tidak setuju, mereka mengatakan

1. nak, semua memg pasti nikah, tapi kamu ga usah takut dg melakukan maksiat,,,,kan kamu ngaji jadi insyaAllah kamu kuat menahan..
2. Kalo imanmu bagus,,,kamu ga usah khawatir,,,abi ummi mensupport kamu kok
3. kamu kan belum mapan, dan belum lulus,,,lulus dulu baru boleh nikah

semenjk itu saya terus melobi, namun hasilnya sama, ana jadi stress kuliah makin tidak fokus,,,, kondisi kampus masyaAllah… akhirnya saya sampai sakit lama sekali…

semnjak penolakan ummi abi, saya tidak pernah melobi lagi ustadz,,,saya takut ummi abi marah, membuat hatinya pecah dan malu didepan teman2nya dan mmbenci salafy…

saya tidak menyangkka kelluarga muslimah itu masih menunggu saya,,,,

namun lobi saya tidak sepenuhnya berehnti ustadz,dengan sindiran2 dan sebagainya…. saya bilang bahwa sudah ada muslimah yang menuggu ini…. tapi abi dan ummi seolah tidak menggubris,,,dan menyatakan saya itu terlalu dini untuk nikah…nunggu punya penghasilan dulu….

sampai2 keluarga muslimah ini,,,mengatakan,,,, bahwa kuliah bagi mereka bukan penghalang,,, jika abi dan ummi saya keberatan,,,, kita bisa memisahkan dulu, yang penting halal dn hati jadi tenang…

Saya sedih ustadz,,,, puncaknya saya makin2 terjatuh kedalam perbuatan tersembunyi itu….. puasa, talim dan ibdah2 lain jadi merosot….drastis…

Kini saya sudah semester akhir, abi dan ummi masih bersikukuh….

Akhirnya saya benar2 tidak bisa membendung lagi…. saya ingin minta ijin sekali lagi untuk yang terakhir,,, jika abi dan ummi tetap tidak setuju, saya akan tetap melangkah ustadz,,,mengingat kondisi ruhyah saya sudah kritis… dan saya sudah tidak sanggup menuruti kata2 abi dan ummi yang kebanyakannya melanggar syariat…

Ustadz,,,walau saya memang blm mapan dan blm lulus,,,saya terbiasa menjual sesuatu seperti majalah,,,, membuka jasa2 di internet,,,yang dengan itu saya bisa mengumpulakn uang walau tidk banyak…

Ustadz apakah kondisi saya ini,,,,sudah wajib nikah? ada sebagian teman menyarankan untuk menahan karena kasihan ummi dan abi,,,jiak ana meneruskan melangkah maka akan ada mafsadat,,,

bagaimana seharusnya yang saya lakukan ustadz? saya sudah terlau banayk menuruti perkatan abi ummi,,,bahkan jika saya harus berkorban ruhyah…

31 12 2012
nikahmudayuk

alhamdulillah sudah dijawab pada artikel tersendiri yang dipasang dibolg ini

1 12 2012
m.naufal

‘afwan ustadz mahar apa yang paling baik untuk diberikan?apa harus menanyakan terlebih dahulu kpd akhwatnya?jazaakallah khairan

1 12 2012
nikahmudayuk

mahar hak istri, jadi diserahkan pemilihannya.

26 12 2012
achmad

bismillah,
usul ustadz gmn klo antm menulis kisah2 nyata nikah muda,mungkin dari kisah nikahnya para ulama,atau asatidzah,atau bahkan ikhwah lain. yang tentunya mengandung i’tibar dan hikmah supaya kita bisa dapet pelajaran yang lebih meresap dengan kisah.

semoga Allah memudahkan antum berdakwah

27 12 2012
nikahmudayuk

saran yang menarik, semoga bisa terlealisasi

11 01 2013
abu umair

Afwan jiddan pertanyaan di paragraf pertama blum ana edit ustadz,

28 01 2013
29 01 2013
nikahmudayuk

wa’alaikumussalam. inysa Allah. semoga Allah memudahkan urusan anda

2 03 2013
amalia herman

assalamualaikum..
bagaimana orang yang bingung antara menikah dan melanjutkan study ?

4 03 2013
nikahmudayuk

sudah banyak jawabannya dalam masalh ini. silahkan dilihat di bolg ini

29 03 2013
sutarno

assalamu’alaikum ..

30 03 2013
bekamanugrahsleman

Artikelnya menarik untuk di kaji, mudah mudahan banyak yg membaca artikel tsb.maksh wasalam.wbr.

26 05 2013
Arief Rahman

sudah dikenali akhwat tapi dari satu sisi ada yang kurang sreg di hati,,apa yang harus ana katakan sebagai bentuk penolakan yang halus.

29 05 2013
Abdul azis

BarakaLLAH alaiinaa..

7 06 2013
ibnuutomo

Ustadz, ‘afwan link tautan kajian di slipi.

http://ahlussunnahslipi.com/

Jazakallhukhoir..

21 06 2013
bekamanugrahsleman

Nasehat bagi yang belum nikah, cepet nikah jika sudah punya calon jodohnya.
Sebab nikah sebagian dari ibadah,
Menikah juga menyempurnakan ibadah.

6 07 2013
Amara

Gimana sih rasanya berbekam? Berbekam itu seperti di pijat. Bedanya adalah pemijatan dilakukan dengan alat penghisap, dan juga dilakukan pengeluaran darah kotor dan racun dengan jarum bekam.
Gimana dengan Jarum Bekam??? Si jarum, hanya jarum yang ditusukkan memakai alat lancing device atau alat untuk mengambil contoh darah ketika kita melakukan uji golongan darah. Sehingga tidak terasa sakit. Karena sakit tersebut dikurangi dengan dilakuannya bekam kering sebelumnya. Tujuannya agar kebas / anastesi dulu sehingga ketika dikasih jarum dengan lancing device tidak terlalu sakit.
Setelah berbekam
Kemudian, sehabis berbekam rasanya adalah terasa enak tubuh kita, ringan. Soalnya memang aliran darah menjadi lancar. Racun-racun yang mengganggu di dalam tubuh kita sudah dikeluarin. Jadi perasaan enaklah yang terasa seperti habis dimassage

25 07 2013
Inayah Yayi

Jazakallahu khair ya Ustadz :)

24 11 2013
Yudha

Bismillah
artikelnya bagus sangt membantu ana belum lama mengenal manhaj salaf
mohon do’anya ustadz agar ana semakin istiqomah dalam manhaj salaf dan segera mendapatkan jodoh
jazakumullohu khoiron katsiron

14 10 2014
Kali Grafi

asalamualaikum ,aku ikut bergabung

3 06 2016
Ummu Dihyah

Subhanallah, blog yang sangat bermanfaat.
Semoga Barokah.

4 06 2016
Nasir abu hamidah

Alhamdulillah, ana mendapatkan tambahan ilmu dari membaca artikel di blog ini, syukron akhi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s